Tundukan PSIL Lumajang 1-0, Perseta Tulungagung Pastikan Tiket ke Liga 3 Zona Jawa

Perseta Tulungagung berhasil menekuk PSIL Lumajang, pada laga hidup mati di babak 16 besar Liga 3 Reg Jatim Grup L, di hadapan ratusan lasbas Mania, Jum’at (8/11/19) sore.

Meski menang tipis 1-0, namun hasil itu sudah memastikan Perseta Tulungagung lolos ke putaran Liga 3 zona Jawa.

Sejak pengadil lapangan, Joan Robi Andrianto meniup peluit tanda dimulainya pertandingan, kedua tim sudah melakukan serangan-serangan terbuka ke kubu lawan.

Kepiawaian kedua penjaga gawang kesebelasan mampu mementahkan setiap serangan yang dilancarkan.

Lini Tengah Perseta Tulungagung sedikit Kedodoran lantaran kehilangan gelandangnya Febrian Heluka (10) akibat akumulasi kartu kuning.

Pelatih Perseta Ungky Prasetyo harus memutar otak untuk mengisi ruang kosong di lini tengah yang biasa diisi oleh pemain asal papua tersebut.

Ungky mengatakan, rotasi tidak hanya dilakukan karena tidak hadirnya Heluka di lini tengah sebab dirinya juga merotasi posisi Niko (27).

“Niko bek juga kita rotasi, dia bermain di kanan tapi tidak jelek juga karena saya ndak mau resiko memainkan pemain yang belum pernah main sama sekali,” ujarnya.

Ungky menjelaskan, pihaknya memang menginsturksikan anak asuhnya terutama 2 pemain tengahnya yakni Rafi (18) dan Aziz (15) untuk langsung ke depan membantu trio penyerang Perseta, dan langsung turun saat kehilangan bola namun strategi tersebut belum membuahkan hasil.

Di kubu lawan lebih mengandalkan umpan-umpan panjang dari belakang langsung ke point Man, Yusron Amin (10) yang dikenal memiliki skill bagus.

Hasilnya, kubu pertahanan Perseta sedikit Kedodoran Akibat serangan bertubi-tubi itu.

“Memang Rafi dan Aziz saya instruksikan untuk merapat ke depan saat menyerang dan jadi orang pertama yang merebut bola saat diserang,” Ucapnya.

Memasuki menit ke 70, Perseta melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Ikris (28) striker yang lebih segar untuk menggantikan Bernike (11) yang bermain sejak menit awal, hasilnya kombinasi Ikris, Zidan (9) dan M Ansori (26) berhasil memberikan ancaman dan merobek gawang tim tamu, Perseta Unggul 1-0 hingga pertandingan selesai.

Dengan hasil ini Perseta melaju ke babak semifinal, bertemu dengan juara Grup K, PSID Jombang, pertandingan semifinal bakal dilaksanakan pada Minggu (10/11) di GOR Rejoagung.