Imbang Dengan Korea Utara, Timnas U-19 Lolos Piala Asia

Timnas Indonesia U-19 dipastikan bakal tampil di Piala Asia U-19 2020, setelah mereka bermain imbang kontra Korea Utara (Korut), pada laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U-19 Grup K.

Bermain di Stadion Gelora Bung Karno, Indonesia susah payah untuk bisa memetik poin kontra Korut. Akhirnya mereka menutup kualifikasi dengan total tujuh poin, hasil dua menang, satu imbang.

Sejak pertandingan dimulai, kedua tim berupaya bermain terbuka dan menyerang. Serdy Ephy membuka kans untuk Indonesia, tapi upayanya masih belum dapat menghasilkan gol.

Penjaga gawang Korut, Sin Kwang Guk, tampil cukup cekatan. Ia mampu menahan tendangan dari Beckham Nugraha, dan Bagus Kahfi. Indonesia pun tak jarang mendapat tekanan.

Gol akhirnya tercipta melalui tendangan keras Kim Kwang Chong yang tak terkawal dengan baik. Tendangan dari luar kotak penalti pemain nomor sepuluh itu tak dapat dijangkau Ernando Sutaryadi.

Setelah tertinggal, Indonesia penuh upaya untuk mengejar ketertinggalan. Tapi sejumlah peluang tak bisa berujung gol, dan babak hingga paruh pertama selesai, skor tetap 1-0 untuk Korut.

Babak kedua, penyegaran dilakukan Fakhri Husaini di sektor penyerangan, seperti memainkan Moch. Supriadi — yang sebelumnya diragukan tampil karena cedera saat kontra Hong Kong.

Sejam laga berlalu, Indonesia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah adanya pelanggaran kepada Bagus Kahfi.

Eksekusi penalti yang tenang dari Bagus mampu memperdaya Kwang Guk, laga menjadi 1-1. Setelah skor imbang, tak ada indikasi bahwa Indonesia mengendurkan serangan, demi imbang.

Tak ada kata menyerah untuk Korut yang butuh kemenangan, di pengujung laga nyaris ada gol ke gawang Indonesia, karena salah komunikasi antara Rizky Ridho dan Ernando.

Lima menit babak tambahan, akhirnya tidak ada gol tambahan terjadi. Indonesia masih mampu menciptakan sejumlah peluang sebenarnya, tapi tidak ada yang berujung gol, dan hasil imbang pun sudah cukup untuk lolos.

Susunan Pemain

Indonesia: Ernando Sutaryadi; Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Salman Alfarid, Bagas Kaffa, Theo Fillo, David Maulana, Beckham Putra, Fajar Fathur, Serdy Ephy, Bagus Kahfi.

Korea Utara: Sin Kwang Guk; Xhoe Kwang Hwi, Chae Yu Song; Ri Kum Huon, Kim Chol Guk, Pak Kwang Sok, Ra Nam Hyon; Kim Kwang Chong, Kim Ju Song, Ri Jo Guk, Kim Kang Song.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.