PSSI Minta Masukan dari Pelatih Lokal tentang Luis Milla atau Shin Tae-yong

Ketua Umum PSSI, M Iriawan, mengatakan pihaknya akan meminta masukan kepada pelatih lokal untuk memilih siapa pelatih yang pas menangani timnas Indonesia.

Saat ini, ada dua nama calon pelatih yang akan membesut timnas Indonesia, yakni Luis Milla dan Shin Tae-yong, untuk menggantikan Simon McMenemy.

Siapa saja pelatih lokal yang akan diminta masukan, Iwan Bule panggilan akrab M Iriawan, belum bisa menjawab.

Namun, kemungkinan besar tiga sosok tersebut adalah pelatih timnas U-16, U-19, dan U-23 Indonesia yakni Bima Sakti, Fakhri Husaini, dan Indra Sjafri, menjadi kandidat pelatih yang akan dimintai masukan oleh PSSI.

Sebelum meminta masukan dari pelatih lokal, Luis Milla dan Shin Tae-yong akan melakukan fit and proper test di depan kepengurusan PSSI.

Setelah itu, PSSI baru akan mengumumkan siapa pelatih yang cocok membesut timnas Indonesia hingga 2021.

“Kami akan minta masukan dari pelatih lokal, di mana mereka yang sudah masuk namanya yakni Luis Milla dan Shin Tae-yong itu akan melakukan tes,” kata Iwan Bule kepada wartawan termasuk BolaSport.com di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (6/11/2019).

“Kalau tidak salah mungkin namanya itu paparan pola untuk melatih timnas Indonesia. Sehingga nantinya akan menjadi satu nama,” ucap Iwan Bule menambahkan.

Sebelumnya, PSSI sudah memutuskan untuk mendepak Simon McMenemy dari kursi pelatih timnas Indonesia.

Laga Malaysia kontra timnas Indonesia pada pertandingan kelima Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11/2019), menjadi laga perpisahan Simon McMenemy.

Rencananya, pelatih baru yang menggantikan Simon McMenemy akan bertemu PSSI pada akhir November.

Saat ini, baik Luis Milla dan Shin Tae-yong masih memiliki pekerjaan lainnya sebelum nantinya datang menemui PSSI.

“Jadi teman-teman harap bersabar, bukan kami langsung ganti sebelum lawan Malaysia. Setelah lawan Malaysia itu sudah bukan Simon McMenemy,” kata Iwan Bule.