Sepak Terjang Iwan Bule di Sepak Bola Indonesia: Lebih Banyak Bergerak dalam Senyap

Mochamad Iriawan atau Iwan Bule terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 dalam Kongres Luar Biasa yang berlangsung hari ini (2/11/2019) di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Ketika mencalonkan diri, tidak sedikit yang mempertanyakan rekam jejak Iwan Bule dalam sepak bola nasional. Apalagi, syarat untuk menjadi Ketum PSSI adalah terlibat paling sedikit lima tahun di sepak bola nasional dalam koridor PSSI.

Tidak sedikit yang meragukan kapasitasnya untuk memimpin induk organisasi sepak bola nasional tersebut. Tapi, Iwan Bule tetap percaya diri maju untuk menjadi orang nomor satu di PSSI.

Namun, sepak terjang Iwan Bule dalam urusan si kulit bundar ternyata sudah ada sejak 2009. Hanya saja, kala itu dia jauh dari sorotan.

Iwan Bule ernyata pernah menjadi salah satu Dewan Penasihat Persib Bandung pada 2009. Jabatan ini tidak banyak diketahui khalayak ramai, sebelum diumumkan ketika dia mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PSSI.

Selain itu, mantan Kapolda Metro Jaya ini juga aktif sebagai pelindung di kepengurusan Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Barat. Ini juga memperkuat persyaratan Iwan Bule untuk maju dalam KLB PSSI 2019.

Terakhir Iwan Bule menjalankan program Vamos Indonesia pada 2018. Ketika itu, Iwan Bule memberangkatkan 10 anak Indonesia untuk menimba ilmu sepak bola ke Spanyol.

Dengan sepak terjangnya tersebut, diharapkan Iwan Bule mampu membawa PSSI lebih maju dibanding sebelumnya. Tugas berat menantinya, terutama saat Indonesia ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.