Ellie Aiboy Asah Ketajaman Persewar Jelang 8 Besar Liga 2 2019

Faktor ketajaman striker Persewar Waropen menjadi sorotan utama sang asisten pelatih, Ellie Aiboy, sebelum bertarung pada babak 8 besar Liga 2 2019 di Sidoarjo, 9-17 November 2019.

Elie Aiboy menilai produktivitas Persewar Waropen belum optimal. Berkaca dari fase penyisihan Grup Timur lalu, Tim Seribu Bakau ini hanya memiliki surplus empat butir gol dengan memasukkan 22 dan kemasukan 18.

“Sebenarnya jika melihat agregat gol lalu, problem Persewar pada finishing dan pertahanan. Tapi, fokus kami di 8 besar nanti pada penyelesaian akhir. Untuk menang, Persewar harus cetak gol,” ucap mantan penyerang sayap kiri Timnas Indonesia itu.

Benteng pertahanan Persewar mulai tampak keropos setelah ditinggalkan kiper Barep Wahyudi dan bek Marinus Kipin. Kedua pemain ini kena skorsing Komdis PSSI, masing-masing selama enam bulan akibat kericuhan melawan PSIM Yogyakarta.

“Sejak kehilangan Barep Wahyudi dan Kipin, lini belakang kami mudah ditembus lawan. Kami bisa mencetak gol, tapi gawang juga kebobolan. Sektor pertahanan saya sudah perbaiki. Tinggal lini depan saja,” ujar Elie Aiboy.

Dari statistik fase grup lalu, di antara empat kontestan Grup A, Persewar Waropen berada di urutan ketiga soal produktivitas gol. Urutan pertama ditempati Persiraja (36-23), kedua Sriwijaya FC (26-17), dan Mitra Kukar di posisi terakhir (17-17).

“Produktivitas tiap tim juga jadi analisis kami. Dari situ, kami akan tahu bagaimana menghadapi mereka di 8 besar nanti,” tuturnya.