Prediksi Madura United Vs Persipura: Menyetop Tren Positif Lawan

Madura United dalam motivasi tinggi untuk memenangi pertandingan pekan ke-26 Shopee Liga 1 2019. Mereka ingin meneruskan catatan kemenangan yang bakal membuat koleksi poin mendekati Bali United.

Bali United masih di puncak klasemen dengan koleksi 55 poin. Sedangkan Laskar Sape Kerrab di bawahnya, meraup 44 poin. Tambahan tiga poin alias kemenangan di pekan ke-26 membuat Madura United meraih poin 47 atau selisih delapan saja.

Kini, mereka harus melewati tantangan dari Persipura Jayapura. Duel itu bakal berlangsung di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Minggu malam (3/11/2019).

Satu hal yang menjadi sorotan terhadap Persipura adalah hasil tandang dalam dua laga terakhir terakhir. Tim Mutiara Hitam mampu meraih kemenangan 100 persen, masing-masing 2-1 atas Semen Padang (24/10/2019) dan 1-0 atas Badak Lampung (28/10/2019).

Kehadiran Jacksen F. Tiago sebagai pelatih pada pekan keenam telah banyak membawa perubahan. Semula, Boaz Solossa dkk. berkutat di papan bawah, bahkan zona merah. Kini, mereka malah menghuni peringkat keempat dengan 40 poin.

“Kami mewaspadai kebangkitan Persipura di putaran kedua setelah coach Jacksen masuk. Mereka mampu meraih hasil maksimal di dua laga tandang. Artinya, coach Jacksen membawa perubahan pada tim Persipura,” ucap Rasiman, pelatih Madura United.

Kiper Madura United, Ridho Djazulie, makin tertantang untuk membukukan clean sheet dalam laga ini. Pekan lalu, catatan serupa ditorehkannya saat menang 1-0 atas Tira Persikabo (30/10/2019). Dia ingin menjadi bagian tim yang menang.

“Bagi saya, Persipura merupakan tim yang punya prestasi besar. Saya punya keinginan memenangkan pertandingan ini karena itu bisa mengangkat moral kami ke depan,” imbuh kiper asal Pekalongan tersebut.

Madura United bisa menurunkan kekuatan penuh dalam upaya menjungkalkan Persipura. Tak ada pemain mereka yang terkena hukuman akumulasi kartu. Hanya Diego Assis saja yang masih diragukan tampil karena cedera.

“Saya masih belum melihat perkembangan Diego dari laporan dokter. Saya belum tahu dia bisa main atau tidak. Katanya tidak terlalu serius. Kami akan melihatnya lagi nanti seperti apa,” kata Rasiman.

Beberapa Misi

Layaknya dalam sebuah kompetisi, tak ada tim yang rela kalah. Begitu pula Persipura. Khusus laga melawan Madura United ini, tim Mutiara Hitam bahkan lebih bersemangat memenangi pertandingan.

Pasalnya, Madura United merupakan titik balik bagi karier pribadi Jacksen Tiago dan Persipura. Pada putaran pertama, kemenangan Mutiara Hitam di Jayapura menandai kembalinya pelatih asal Brasil itu, setelah mengundurkan diri dari Barito Putera.

Sejak itu pula, grafik Ian Louis Kabes cs. pelan tapi pasti beranjak naik dari papan bawah ke jajaran atas klasemen sementara musim ini. Duel nanti juga berarti khusus, karena Jacksen Tiago ingin mempersembahkan kemenangan untuk putra keduanya, Diego Tiago, yang berusia satu tahun pada Jumat (1/11/2019).

“Saya punya beberapa misi pada pertandingan nanti. Baik untuk tim, pribadi, dan keluarga. Sebagai orangtua, saya ingin kemenangan nanti jadi momen spesial untuk Diego yang ulang tahun,” katanya.

“Ini partai sangat penting, karena saya ingin Persipura terus menempel tim-tim papan atas. Kebetulan Madura United salah satu pesaing,” imbuh Jacksen.

Saat ini Persipura menempati urutan keempat dengan poin 40. Sedangkan Madura United di posisi kedua memiliki 44 poin. Kemenangan dari Laskar Sape Kerrab akan memperkecil jarak kedua tim. Namun, Jacksen tetap mewaspadai niat balas dendam tim tuan rumah.

“Saya tahu itu. Makanya, saya juga siapkan strategi terbaik untuk menggagalkan upaya mereka,” ujarnya.

Persipura punya masa recovery lebih baik ketimbang Madura United. Mereka mendapat jatah istirahat lima hari setelah mengalahkan Badak Lampung di Lampung. Sedangkan Madura United hanya dua hari menarik napas setelah menundukkan Tira Persikabo (30/10/2019).

“Fisik dan mental pemain sedang tinggi. Pertandingan ini akan sangat sengit dan menarik,” ucap Jacksen.

Prakiraan Susunan Pemain

Madura United (4-3-3): Ridho Djazulie (kiper); Mackho Meraudje, Jaimerson Xavier, Ante Bakmaz, Andik Rendika (belakang); Asep Berlian, Zulfiandi, Diego Assis (tengah); Andik Vermansah, Aleksandar Rakic, Greg Nwokolo (depan)

Pelatih: Rasiman

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman (kiper), Israel Wamiau, Ricardo Salampessy, Yustinus Pae, Yohanis Tjoe (belakang), Ian Kabes, Muhammad Tahir, Todd Rivaldo Ferre (tengah), Titus Bonai, Boaz Solossa, Mamadou Samassa (depan)

Pelatih: Jacksen F. Tiago (Brasil)