Game MM Bola Tangkas Online Indonesia

Kalah di Final Piala AFF Futsal 2019, Timnas Indonesia Akui Thailand Lebih Berpengalaman

Timnas Indonesia gagal menjuarai Piala AFF Futsal 2019. Di partai final yang dimainkan di Phu Tho Indoor Stadium, Ho Chi Minh, Vietnam, Minggu (27/10/2019), Timnas Indonesia kalah telak 0-5 dari sang juara bertahan, Thailand.

Ini merupakan kekalahan ketiga Timnas Indonesia di laga final Piala AFF futsal. Tim Garuda juga menyerah saat tim bersua di partai puncak pada edisi 2006 dan 2008.

Setelah pertandingan, pelatih Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi, mengakui keunggulan Thailand. Pelatih asal Jepang itu menyebut Thailand sebagai tim yang sarat pengalaman.

“Kami membuat beberapa kesalahan di babak pertama dan kami tak boleh melakukan hal semacam itu saat melawan tim seperti Thailand,” ujar Takahashi, seperti dikutip dari situs resmi AFF.

“Kami bermain lebih baik di babak kedua, tapi beberapa keputusan merugikan kami, membuat pemain kehilangan fokus. Pada akhirnya, Thailand memang lebih berpengalaman,” imbuhnya.

Thailand, yang meraih kemenangan telak, merasa pertandingan berjalan tak mudah buat mereka.

“Laga yang berat. Kami mengontrol permainan selama 15 menit, tapi setelah unggul 2-0, kami kehilangan fokus dan ada beberapa kelemahan di sektor pertahanan. Kami semestinya mengendalikan permainan dan tak mudah kehilangan penguasaan,” tutur Jose Mendez, pelatih Timnas Futsal Thailand.

“Situasi itu membuat Indonesia mampu membangun peluang lewat serangan balik beberapa kali. Beruntung, mereka tak mampu mencetak gol,” kata Mendez.

Gagal Mengulangi Sukses 2010

Kemenangan atas Timnas Indonesia di final edisi kali ini membawa Thailand memenangi gelar ke-15 di Piala AFF Futsal.

Thailand begitu mendominasi sejak kali pertama Piala AFF Futsal digelar pada 2001. Sejak itu, dominasi Thailand hanya mampu diselingi satu kali oleh Indonesia.

Pada Piala AFF Futsal 2010, Timnas Indonesia keluar sebagai juara setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 5-0.

Itu merupakan final ketiga Indonesia di Piala AFF Futsal. Pada kesempatan keempat, tahun ini, Tim Garuda gagal mengulang kesuksesan pada edisi 2010 tersebut.

Kendati kalah dalam final kali ini, Indonesia berhasil memastikan satu tiket tampil di putaran final Piala AFC Futsal 2020 yang digelar di Turkmenistan.

Selain Thailand dan Indonesia, ASEAN juga diwakili Vietnam, yang menduduki peringkat ketiga Piala AFF Futsal 2019 setelah mengalahkan Myanmar 7-3, Minggu (27/10/2019).