Cedera Sembuh, Osvaldo Haay Gabung Persebaya Lagi

Persebaya mendapatkan tambahan amunisi jelang menjamu PSS Sleman di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (29/10/2019). Setelah absen dua pekan, Osvaldo Haay kembali mengikuti latihan.

Pemain sayap berusia 22 tahun itu terlihat berlatih secara normal di Lapangan Polda Jatim, Surabaya, Minggu sore (27/10/2019). Osvaldo juga mengikuti sesi latihan game bersama rekan-rekannya seperti tidak mengalami cedera.

“Osvaldo belum fit 100 persen. Tapi, dia sudah ikut latihan dan kami masih mempertimbangkan dia untuk pertandingan (melawan PSS),” ujar Wolfgang Pikal, pelatih Persebaya.

Osvaldo mendapat cedera saat menjalani pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-22 pada 8 Oktober 2019. Akibatnya, dia tidak masuk skuat yang tampil di CFA Team China Chong Qing Three Gorges Bank Cup International Football Tournament 2019 di China pada 11-15 Oktober 2019.

Padahal, pemain asal Jayapura itu diprediksi bakal absen untuk jangka waktu yang lama karena masalah di lutut kiri. Menurut dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi, Osvaldo mengalami masalah pada partial tear ACL sinistra dengan MCL, serta ada meniscus, dan genu sinsitra kiri.

“Dokter Syarif Alwi bilang ada masalah meniscus dan ACL. Dia (Osvaldo) yang merasakan sendiri, saya bukan dokter. Biasanya perlu minimal 3-4 minggu (absen). Tapi, dia bilang sudah sembuh. Dia latihan sudah tidak ada masalah, tidak ada kendala lari atau bagaimana,” imbuh Pikal.

Setelah mengalami masalah itu, Osvaldo pulang ke Jayapura untuk menjalani perawatan secara khusus. Namun, dia hanya perlu dua pekan untuk penyembuhan dan bisa kembali berlatih secara normal lagi bersama Persebaya.

Meski begitu, Pikal tidak akan memaksakan pemain bernomor punggung 20 itu untuk tampil melawan PSS. Selain baru sembuh, Osvaldo juga baru tiba di Surabaya pada Minggu pagi.

“Mungkin di akan duduk di bangku cadangan melawan PSS, karena dia sudah dua minggu tidak gabung latihan. Fisiknya pasti drop. Tapi, kami senang melihat ada satu pemain yang sembuh di skuat Persebaya karena kami kekurangan pemain,” ucap Pikal.

Kesembuhan Osvaldo imenjadi kabar gembira buat Persebaya yang diterpa badai cedera. Sebelumnya, stopper Otavio Dutra dan gelandang Misbakus Solikin juga masih menjalani perawatan karena cedera.