Jumlah Peserta Bertambah, Peluang Klub Indonesia Langsung Lolos Liga Champions Asia Pada 2021 Makin Besar

AFC memutuskan menambah jumlah peserta untuk Liga Champions Asia (LCA) pada 2021. Hal itu diputuskan dalam rapat komite eksekutif AFC periode 2019-2023, yang dipimpin wakil Presiden AFC, Saoud Al Mohannadi.

Penambahan jumlah peserta itu akan dilakukan pada LCA 2021, yakni dari 32 tim menjadi 40 klub, dengan tambahan empat grup di zona Timur dan Barat.

Artinya, ini akan memperbesar peluang klub Indonesia yang biasanya ditempatkan di zona Timur untuk langsung lolos ke fase grup tanpa harus melalui babak kualifikasi. Dalam dua musim terakhir, juara Liga 1 harus melalui babak kualifikasi LCA dan selalu menemui kegagalan untuk menembus babak utama.

“Ekspansi ini akan berlangsung tanpa perubahan apapun pada slot yang ada untuk enam Anggota Asosiasi teratas,” tulis AFC, dalam rilis resmi mereka.

Di samping itu, AFC juga menambah empat tim peserta Piala Asia Wanita pada 2022 nanti. Sebelumnya, dalam edisi terakhir hanya diikuti delapan tim. Saat ini, AFC menerima proposal dari Cina Taipei, India, dan Uzbekistan untuk menjadi tuan rumah ajang tersebut.