Ungkapan Presiden Joko Widodo Terkait Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), ikut bersuara setelah mendapatkan kepastian Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Dalam pencalonan ini, Indonesia bersaing dengan Brasil dan Peru. Peru sendiri akhirnya ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17.

“Kabar baik hari ini datang dari FIFA Council Meeting yang berlangsung di Shanghai, Tiongkok, bahwa Indonesia terpilih menjadi tuan rumah kejuaraan sepakbola Piala Dunia U20 tahun 2021,” tulis Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengungkapkan Indonesia menyiapkan sepuluh stadion sebagai venue kejuaraan tersebut. Mulai dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Bogor), Manahan (Solo), Kapten I Wayan Dipta (Bali), Mandala Krida (Yogyakarta), Jakabaring (Palembang), Wibawa Mukti (Cikarang), Patriot Candrabhaga (Bekasi), Si Jalak Harupat (Bandung), hingga Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Stadion-stadion itu sudah diinspeksi oleh perwakilan FIFA beberapa waktu lalu. Memang masih ada catatan yang harus diperbaiki, termasuk terkait fasilitas lapangan untuk tempat latihan.

Sementara itu, dengan terpilih sebagai tuan rumah, otomatis timnas Indonesia juga mendapatkan jatah untuk lolos langsung ke Piala Dunia U-20 tanpa harus melalui babak kualifikasi. Skuad yang diproyeksikan untuk ke ajang itu adalah timnas Indonesia U-19 yang kini dilatih Fakhri Husaini.

Dengan demikian, ini untuk kedua kalinya Indonesia berpartisipasi di Piala Dunia U-20, setelah sebelumnya menjadi peserta pada 1979.