Timnas Futsal Indonesia Melaju Ke Final Piala AFF 2019

Tim nasional (timnas) futsal Indonesia berhasil melaju ke final Piala AFF 2019. Itu setelah, mereka menaklukkan Myanmar , skor 4-3, pada babak semi-final yang digelar di Stadion Indoor Phu Tho, Ho Chi Minh City, Vietnam, Jumat (25/10).

Kemenangan ini sekaligus memastikan Indonesia lolos ke Piala Asia Futsal 2020. Mengingat, tiga peringkat terbaik dari event ini berhak mendapatkan tiket ke Piala Asia yang akan digelar di Turkmenistan tersebut.

Indonesia langsung memberikan tekanan ke gawang Myanmar. Tapi pertahanan yang solid dari Myanmar membuat Indonesia kesulitan.

Beberapa kali Myanmar juga mampu memberikan ancaman ke gawang Indonesia melalui serangan balik yang mereka lancarkan. Namun kesigapan pemain Indonesia dan kiper M. Iksan Rahadian membuat Myanmar selalu menemui kebuntuan.

Hingga akhirnya, Firman Ardiansyah mampu memecahkan kebuntuan Indonesia pada menit ke-17. Sepakan Firman dari sudut sempit sisi kiri pertahanan Myanmar gagal diantisipasi dengan baik oleh kiper Myanmar.

Setelah itu, Indonesia kembali mendapatkan peluang emas melalui Subhan Faidasa. Sayang, kali ini Subhan gagal memaksimalkan peluang tersebut menjadi gol.

Myanmar juga kembali berupaya keras untuk mengejar ketertinggalan. Tapi hingga babak pertama berakhir, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Memasuki babak kedua, Myanmar langsung memberikan tekanan ke gawang Indonesia. Mereka akhirnya berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Naing Ye Kyaw pada menit ke-23. Skor pun berubah menjadi 1-1.
Gol tersebut melecut semangat para pemain Myanmar untuk terus memberikan tekanan ke gawang Indonesia. Sebaliknya, Bambang Bayu Saptaji dan kawan-kawan mulai kesulitan untuk mengembangkan permainan.

Hingga akhirnya, Indonesia berhasil mencetak dua gol lagi melalui Andre Kustiawan dan Subhan Faidasa. Skor menjadi 3-1 untuk Indonesia.

Myanmar belum menyerah. Strategi power-play pun mereka terapkan. Strategi tersebut berbuah gol kembali setelah sepakan Nyein Min Soe gagal dibendung Iksan.

Skor 3-2 membuat pertandingan semakin berjalan sengit dan menegangkan. Tekanan demi tekanan terus dilancarkan Myanmar dengan strategi power-play mereka.

Indonesia berhasil menambah keunggulan lagi tersisa beberapa detik lagi pertandingan berakhir, setelah Marvin Alexa memanfaatkan kesalahan pemain Myanmar. Tapi langsung dibalas lewat gol Pyae Phyo Maung. Pertandingan pun semakin menegangkan.

Namun hingga pertandingan berakhir, skor tetap 4-3 untuk kemenangan Indonesia.

Pada laga final, Indonesia akan menantang juara bertahan Thailand, yang pada laga semi-final lainnya berhasil menaklukkan tuan rumah Vietnam, 2-0. Pertandingan final akan digelar di venue yang sama, 27 Oktober nanti.