Menpora Bicara Soal Instruksi Perbaiki Sepak Bola oleh Jokowi

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berbicara soal perintah Presiden Joko Widodo soal perbaikan sepak bola.

Zainudi Amali baru saja dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Dalam pelatikan Kabinet Indonesia Hebat, Jokowi sempat menyebut sepak bola ketika memperkenalkan Zainudin.

Berkunjung pertama kalinya ke Kantor Kemenpora, Zainudin menyebut dirinya diminta Jokowi untuk membenahi sepak bola dan menata kembali pembinaan usia muda. Terlebih saat ini masyarakat menanti prestasi Timnas Indonesia dan penataan PSSI.

“Presiden menyampaikan soal sepak bola. Karena itu olahraga internasional dan (popluer) di masyarakat, beliau memberikan penekanan khusus bagaimana menata sepak bola,” ujar Zainudin Amali, di Kantor Kemenpora kepada wartawan.

“Menata bola usia muda, tapi kenapa pas senior tidak berprestasi. Kaitannya saya akan berbicara dengan stakeholder cabor (cabang olahraga) yang mereka tahu,”

“Pemerintah tidak mencampuri terlalu jauh. Kita menjadi fasilitator keolahragaan dan ikut regulasi. Kalau ada yang tidak pas, kita bicarakan untuk revisi, baru tentukan kebijakan ke depan,” tuturnya.

Zainudin Amali baru akan serah terima jabatan (sertijab) pada Kamis (24/10/2019). Politikus Partai Golkar itu menggantikan posisi Imam Nahrawi yang saat ini menjadi tersangka kasus korupsi di KONI.