Persela Datangkan Asisten Pelatih Baru Jelang Menjamu Persebaya

Kekalahan dari PSIS Semarang membuat Persela Lamongan terperosok di zona degradasi. Tak ingin makin tenggelam saat menjamu Persebaya di Stadion Surajaya, Lamongan, Rabu (23/10/2019), Persela mendatangkan asisten pelatih baru, Fabio Oliveira.

Fabio bukan orang baru bagi pelatih kepala Persela Lamongan, Nilmaizar. Sebab keduanya pernah bahu membahu saat membesut Timnas Indonesia pada 2012.

Nilmaizar mengungkap tujuan mendatangkan asisten pelatih anyar selain untuk memperkuat tim, juga demi membangkitkan moral anak asuhnya yang sedang drop, serta mengembangkan taktik dan fisik pemain.

“Mulai hari ini Fabio Oliveira sudah bergabung menjadi staf pelatih. Kami membutuhkan orang untuk menguatkan koordinasi dan komunikasi,” ujar Nilmaizar setelah sesi latihan rutin , Senin (21/10/2019).

Nilmaizar menggandeng Fabio karena faktor kedekatan serta merasa cocok dengan kinerjanya.

“Fabio pernah jadi asisten saya saat di Timnas Indonesia selama satu tahun. Jadi, kebetulan dia cocok, ditambah coach Didik Ludianto, mudah-mudahan bisa membuat kekuatan tim ini lebih baik,” bebernya.

Sementara itu, Fabio berharap dengan menjadi asisten Persela bisa membantu meningkatkan performa Laskar Joko Tingkir, yang kini sedang berjuang keluar dari zona degradasi.

“Karena mayoritas saya sudah kenal, kebetulan ada pemain asing dari Brasil juga, jadi mudah-mudahan kedatangan saya ini bisa membawa dampak positif buat tim,” ujar pria asal Brasil tersebut.

Fabio mengaku akan memanfaatkan komunikasi yang lancar dengan pemain asing Persela Lamongan, khususnya pemain asal Brasil, agar bisa mengeluarkan potensi maksimal seluruh pemain.

“Tadi langsung membaur bersama dengan pemain. Buat pemain asing juga, karena kami satu bahasa, jadi bisa berkomunikasi lebih baik,” ungkapnya.

Dengan kedatangan Fabio, membuat staf pelatih persela kian lengkap. Sebelumnya Persela Lamongan sudah memiliki dua asisten pelatih, Didik Ludianto dan Ragil Sudirman, serta Eric Ibrahim sebagai pelatih kiper.

Seperti diketahui, Fabio sudah malang melintang di persepakbolaan Indonesia. Ia pernah menjadi pemain Persita Tangerang (1996), PSP Padang (1998-2000), dan mengakhiri kariernya sebagai pemain sepak bola di PSIM Yogyakarta (2005).

Fabio sempat melanjutkan karier sebagai asisten pelatih di PSM Makassar (2010-2011), Persija Jakarta (2012-2013), Persebaya Surabaya (2013-2014), Persita Tangerang (2014-2015) dan terakhir di satu di antara klub di Korea Selatan (2018).