Kapolda Jawa Barat Menyambangi Graha Persib untuk Memohon Maaf

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi, mendatangi Graha Persib di Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (22/10/2019) pagi. Rudy sengaja menyambangi markas Persib Bandung itu untuk meminta maaf lantaran belum bisa memberikan izin pertandingan di wilayah Jawa Barat.

Didampingi Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, Kuswara S. Taryono (Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat), dan beberapa pentolan bobotoh seperti Herru Joko (Ketua Viking), Nevi Effendi (Ketua The Boms), dan perwakilan Bomber serta bobotoh lainnya, Rudy menjelaskan permasalahan dan sebab yang membuat pihaknya tidak mengeluarkan izin pertandingan Persib.

“Selain menjalin silaturahmi dengan Pak Umuh dan pengurus Persib lainnya, juga bobotoh, saya menyampaikan permohonan maaf bahwa Polda Jabar belum bisa memberikan izin untuk menyelenggarakan pertandingan karena situasi keamanan untuk menjaga ketertiban masyarakat di Jabar ini, terutama di Bandung,” tutur Rudy.

Rudy menambahkan saat ini sedang ada satu kelompok yang ingin memanfaatkan massa untuk rusuh, dan itu sudah terbukti beberapa kali di Bandung.

“Walau disampaikan kepada saya bahwa nanti dalam pertandingan tidak akan ada penonton, kami tidak bisa membendung orang yang mau datang di luar. Ini yang jadi perhatian saya untuk menjaga Kamtibnas di Bandung dan Jabar,” ucap Rudy.

“Karena itu saya mohon pengertiannya karena saya sudah sampaikan pertimbangan-pertimbangannya melihat situasi dan kondisi masyarakat di sini. Untuk itu saya mohon ditunda sampai dengan waktu tertentu, dan saya siap. Saya akan siap, bersedia menjadi kepala pengamanannya apabila pertandingan Persib di Bandung,” lanjut Rudy.

Sebagai pengganti, Rudy menegaskan akan menyiapkan acara nonton bareng pertandingan Persib Bandung versus Persija Jakarta pada 28 Oktober 2019.

“Saya dapat masukan dari rekan-rekan semua dan kami akan siapkan nonbar apabila Persib bertanding di tempat yang besar dan memungkinkan, mungkin di Lapangan Gasibu yang paling nyaman. Kami siapkan di situ nanti,” jelas Rudy.

Meski begitu, Rudy mengaku akan melakukan pembicaraan kembali bagaimana baiknya dan melihat dari semua sisi terkait pertandingan Persib vs Persija.

“Untuk melawan Persija, nanti kami bicara lagi bagaimana bagusnya karena perlu diskusi situasi sekarang. Jadi, sekali lagi terima kasih atas kesempatan ini, sekali lagi ini silaturahmi dan permohonon maaf kepada seluruh suporter Persib,” ujar Rudy.