Djanur Targetkan Barito Putera Lolos dari Degradasi

Djadjang Nurdjaman datang ketika Barito Putera dalam kondisi yang tak baik-baik saja. Bersama pelatih Jacksen F. Tiago, mereka tertahan di urutan terbawah klasemen Liga 1 2019 tanpa sekalipun meraih kemenangan.

Raihan Laskar Antasari mulai membaik begitu Djadjang masuk. Kini mereka berada di posisi 14. Total 23 poin diperoleh dengan rincian lima kemenangan, delapan hasil imbang, dan 10 kali kalah.

Meski demikian, Djanur –sapaan Djadjang– merasa bahwa Barito Putera belum benar-benar aman. Kompetisi yang masih amat panjang menjadi salah satu penyebabnya.

Di samping itu, persaingan di papan bawah terhitung ketat. Jarak antara posisi 10 dengan urutan terbawah bahkan cuma tujuh angka. Itulah kenapa ia ingin meraih setidaknya 38-40 poin agar bisa lepas dari zona merah.

“Kalau dari segi hitungan menurut saya, dari persaingan ketat saat ini kelihatannya dengan nilai 38 sampai 40 poin. Saya pikir akan lepas dari zona degradasi,” kata Djanur, dilansir dari laman resmi Liga Indonesia.

“Artinya kami harus berusaha meraih poin sebanyak itu. Begitu barang kali. Saya pikir saya cukup optimistis,” lanjutnya.

“Kami finis di urutan berapa saya pikir tidak penting. Yang penting di urutan 15 pun jadi. Yang penting selamat karena target dari manajemen seperti itu,” ucap mantan pelatih Persib Bandung tersebut.

Karena saat ini Barito sudah mengemas 23 poin, mereka membutuhkan 15-17 poin lagi agar target itu tercapai. Misi itu tak mudah karena masih harus berhadapan dengan lawan kuat, semacam Bali United, Borneo FC, atau PSM Makassar.

Namun, Djanur amat yakin, terlebih jika para pemainnya bisa menunjukkan performa serupa laga melawan Perseru Badak Lampung di Stadion Demang Lehman, Jumat (18/10/2019).

Pada laga itu, Barito Putera memang bermain apik. Mereka mampu menang 4-1 atas Laskar Saburai lewat trigol Fransisco Torres dan satu gol Evan Dimas.

“Kalau ditanya optimistis [atau tidak], saya pasti optimistis. Karena kalau seperti penampilan yang kami tunjukkan sebelumnya lawan Badak Lampung, saya yakin kami dapat memperoleh hasil yang baik,” tegas Djanur.

Selasa (22/10) malam WIB, Barito Putera bakal berhadapan dengan PSIS Semarang di stadion yang sama. Ini menjadi ujian pertama bagi Djanur untuk mewujudkan target yang dia usung.