Ini Tim Yang Lolos Ke Babak Delapan Besar Liga 2 2019

Fase pendahuluan Liga 2 2019 sudah berakhir, hari ini. Siapa saja tim yang berhasil lolos ke babak delapan besar pun sudah bisa dipastikan. Itu berdasarkan hasil pertandingan yang digelar, Senin (21/10).

Dari grup Barat, PSMS Medan berhasil merebut satu tiket tersisa setelah menaklukkan Aceh Babel United dengan skor telak 4-1 di Stadion Teladan, Medan. Empat gol yang dilesakkan PSMS dilesakkan oleh Ilham Fathoni melalui tendangan penalti pada menit ke-17 dan 88′, serta Eki Fauji Saputra (58′ dan 70′). Sementara satu gol tim tamu dicetak oleh Mohammad Kanu Helmiawan (83′).

Kemenangan ini membuat PSMS menempati posisi keempat dengan 37 poin dan tidak berhasil dikejar pesaing terdekat yakni PSCS Cilacap dan Perserang Serang. Tiga klub lainnya yang lolos dari grup Barat adalah Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang, dan Sriwijaya FC.

Sementara itu, dari grup Timur, Persis Solo yang secara dramatis berhasil menaklukkan rivalnya PSIM Yogyakarta, skor 3-2, di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, tetap gagal lolos ke babak delapan besar. Poin yang dikoleksi Persis sebenarnya sama dengan yang dihasilkan Mitra Kukar, yakni 30. Namun Persis secara head to head kalah agregat gol tandang dari Mitra Kukar sehingga harus rela mengakhiri fase ini di posisi kelima.

Selain Mitra Kukar, tiga klub lainnya yang mendapatkan tiket ke babak delapan besar dari grup Timur adalah Persik Kediri, Persewar Waropen, dan Martapura FC. Martapura berhasil melaju ke delapan besar setelah menang tipis atas tuan rumah PSBS Biak.

Di sisi lain, ada lima tim yang harus rela terdegradasi ke Liga 3 musim depan. Mereka adalah Persibat Batang, PSGC Ciamis, Blitar Bandung United, Madura FC, dan Persatu Tuban.