Harapan Fakhri Husaini untuk Jokowi Usai Dilantik Sebagai Presiden RI

Pelatih timnas U-19 Indonesia, Fakhri Husaini, berharap Presiden Joko Widodo segera membangun Pusat Pelatihan untuk timnas Indonesia.

Pelantikan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 menjadi momen tepat bagi beberapa pihak menyampaikan pesan dan harapan.

Termasuk soal gagasan mengenai kemajuan sepak bola Indonesia yang disampaikan oleh Fakhri Husaini.

Pelatih timnas U-19 Indonesia itu mengatakan bahwa dia berharap Joko Widodo segera mewujudkan Instruksi Presiden (Inpres) No.3/2019 tetang percepatan Pembanguna Persepakbolaan Nasional.

Menurut Fakhri Husaini, Inpres tersebut sangat penting. Sebab, keberadaan pusat pelatihan akan sangat membantu timnas Indonesia dalam mempersiapkan skuat.

Fasilitas lapangan yang memadai seperti pusat pelatihan sangat penting dalam mencetak pemain-pemain berbakat Indonesia yang diharapkan tampil pada Kejuaraan Nasional ataupun Internasional.

“Saya sangat berharap semoga pada periode keduanya, Jokowi bisa membangun training center untuk timnas dan segala kelengkapannya,” kata Fakhri Husaini

Dilansir BolaSport.com dari laman Kompas, Minggu (20/10/2019) jika harapannya terwujud, Fakhri menambahkan pusat pelatihan tersebut bisa di satu kawasan dengan tiga atau lebih lapangan sepak bola.

Pusat pelatihan nantinya juga diharapkan dilengkapi dengan pusat pengembangan sepak bola oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Selama ini, timnas Indonesia dari berbagai kategori umur dari senior hingga junior sering berpindah-pindah tempat untuk menjalani sesi pemusatan latihan.

Pemusatan biasanya lebih banyak dilangsungkan di Pulau Jawa seperti di Bogor, Yogyakarta, Jakarta, dan di luar Jawa seperti Bali.

Seringnya berpindah-pindah homebase ini tentunya sangat merugikan timnas terutama dalam hal beradaptasi.

Harapan Fakhri Husaini itu diutarakan menjelang laga uji coba kedua timnas U-19 Indonesia melawan China di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (20/10/2019)