Pemain Arema di Malang Berlatih Sendiri Tanpa Pelatih Pendamping

Arema tidak memboyong semua pemain dalam rangkaian panjang laga tandang di Shopee Liga 1 2019. Tim Singo Edan hanya membawa 18 pemain untuk menghadapi PSM Makassar, Persipura Jayapura, dan Tira Persikabo dalam kurun waktu 15-25 Oktober 2019.

Namun, Arema menukar pemain yang dibawa dengan yang ditinggal di Malang. Dua hari lalu, Singo Edan sempat memulangkan dua pemain inti, Dedik Setiawan dan Ahmad Alfarizi, karena cedera. Keduanya diganti Hanif Sjahbandi dan Dendi Santoso, yang baru selesai memperkuat Timnas Indonesia.

Hal itu berarti pemain yang di Malang harus tetap bersiap jika sewaktu-waktu dibutuhkan menyusul tim. Terutama setelah pertandingan melawan Persipura Jayapura di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Minggu (20/10/2019). Skuat Arema langsung terbang ke Bogor menghadapi Tira Persikabo, Kamis (24/10/2019). Akan ada beberapa perubahan komposisi tim untuk melakukan penyegaran.

Hanya, saat Bola.com menelusuri sesi latihan Arema di Malang, ternyata tidak ada agenda latihan bersama. Pemain yang ditinggal hanya mendapat tugas untuk latihan sendiri di tempat masing-masing.

Penyebabnya, asisten pelatih Arema yang tidak ikut laga tandang, Singgih Pitono, sedang menjalani kursus kepelatihan B AFC di Kusuma Agro Wisata, Kota Batu, hingga pekan depan.

“Pemain dapat program individual training. Saya sampai 28 Oktober mendatang ikut modul satu kursus kepelatihan B AFC. Setelah itu ada modul kedua yang memakan waktu dua minggu lagi,” kata Singgih.

Dikonfirmasi kepada pemain muda Arema, mereka latihan sendiri dengan beberapa pemain profesional di Malang, seperti yang dilakukan Vikrian Akbar dan Titan Fawazzi.

“Kemarin saya latihan dengan Titan di lapangan. Selain itu kebetulan ada senior, Juan Revi (eks pemain Arema dan kini memperkuat Persik Kediri) jadi saya latihan bersama,” jelas Vikrian.

Rencananya ada beberapa pemain yang akan dipanggil untuk melawan Tira Persikabo, seperti kapten tim Hamka Hamzah, yang masih menjalani terapi di Jakarta. Selain itu, Alfarizi juga bisa diberangkatkan lagi jika kondisi cederanya sudah pulih.

Llatihan sendiri sebenarnya hasilnya kurang maksimal. Padahal, di Malang cukup banyak pemain yang ditinggal semisal Sandi Firmansyah, Andreas Fransisco, Ahmad Alfarizi, Agil Munawar, Zidane Pulanda, Sunarto, Dedik Setiawan, dan beberapa pemain lain. Tetapi, memang tidak ada pelatih yang tersisa untuk mendampingi sesi latihan di Malang.