Madura United Bungkam Semen Padang 1-2

Semen Padang akhirnya kembali menelan kekalahan pada laga lanjutan Liga 1 2019, di Stadion Haji Agus Salim, Minggu (20/10) petang, ketika menjamu Madura United.

Sebelumnya Semen Padang tak terkalahkan pada lima penampilan. Tiga laga mereka menangkan, dan dua berujung imbang. Namun, Madura United dengan cermat tampil di markas Semen Padang.

Laga baru berjalan sepuluh menit, tapi Madura United sudah harus melakukan pergantian. Ante Bakmaz ditarik keluar karena terjatuh dan terkapar, Guntur Aryadi masuk sebagai pengganti.

Semen Padang mendapat kans emas setelah Dany Karl Max mendapat bola di kotak penalti. Kontrol kurang bagus dari Dany, dan bola yang ia lepaskan melambung jauh di atas sasaran.

Madura United mampu unggul lebih dulu pada menit ke-23, melalui aksi Aleksandar Rakic. Penyerang asal Serbia itu menceploskan bola rebound hasil tendangan Diego Assis.

Peluang yang disusun Madura United lebih matang dan efektif. Dua kali gol tambahan nyaris mereka buat, dari mulai tendangan Assis yang membentur tiang, hingga sepakan jarak dekat Alberto Goncalves.

Teja Paku Alam menyundul bola dan meninggalkan gawang, bola yang dibuang didapat Greg Nwokolo. Untung saja Syaeful Anwar mengubah arah bola sehingga hanya terbentur mistar.

Ridho Djazulie sempat mendapat pertolongan karena terjatuh dan terkapar, laga masih bisa dilanjutkan. Segelintir serangan dari tuan rumah masih gagal berujung gol. Babak satu usai, 1-0 untuk Madura United.

Semen Padang memulai babak kedua dengan pergantian pemain, Irsyad Maulana digantikan oleh Mariando Uropmabin. Serangan Semen Padang tambah gahar pada sepuluh menit awal, dan Madura United lebih sabar.

Kabau Sirah sebenarnya mengurung Madura United — yang bermain bertahan dan menyegat lewat serangan balik — namun tidak ada peluang yang bisa mengarah dengan benar untuk kemudian menjadi gol, hingga menit 70′.

Gol untuk Semen Padang akhirnya tercipta pada menit ke-75 melalui tendangan Dany Karl-Max yang bebas di kotak penalti, meski bola sempat mengenai tangan Kadek Raditya. Laga kembali seru, skor sama kuat, 1-1.

Sapeh Kerrab keluar dari sarang selepas gol penyama dari Semen Padang. Mereka pun mampu membuat keadaan kembali menyulitkan tuan rumah. Gol mampu dicetak oleh anak asuh Rasiman.

Tendangan bebas Rakic gagal dijangkau dengan baik oleh Teja, dan kemudian membentur mistar. Namun Diego Assis menyambar bola dengan kepala, dan masuk ke gawang. Skor 2-1 bertahan hingga laga selesai.

Susunan Pemain

Semen Padang: Teja Paku Alam; Roni Rosadi, Muhammad Rifqi, Dedi Gusmawan, Syaeful Anwar; Flavio Beck Jr, Yu Hyun-koo, Dedi Hartono, Irsyad Maulana; Dany Karl-Max, Vanderlei Francisco.

Madura United: Ridho Djazulie; Alfath Faathier, Andik Rama, Ante Bakmaz, Kadek Raditya; Diego Assis, Syahrian Abimanyu, Zulfiandi; Alberto Goncalves, Aleksandar Rakic, Greg Nwokolo.