Dukungan Bonek Tak Mampu Bantu Persebaya Kalahkan Persib di Bali

Bonek benar-benar datang dan memberi dukungan untuk klub kebanggannya, Persebaya Surabaya, saat bersua Persib Bandung pada laga pekan ke-23 Shopee Liga 1 2019.

Bonek pun mendominasi tribune di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (18/10/2019). Mereka ingin menyaksikan perjuangan Hansamu Yama dkk. menyudahi torehan tak pernah menang dalam tiga laga terakhir.

Sayangnya, Bonek terpaksa melihat klub yang didukungnya gagal mendulang poin dalam laga ini. Persebaya takluk 1-4 dari Persib Bandung yang membuat suporter dengan warna kebesaran hijau itu kecewa berat.

Jumlah Bonek sebenarnya lebih banyak dibandingkan pendukung Persib, Bobotoh, yang hadir di stadion. Dukungan mereka terbukti tak banyak membantu.

Pelatih Persebaya, Wolfgang Pikal memiliki penilaian sendiri soal kondisi yang baru saja dialaminya itu.

“Kami senang datang lumayan banyak Bonek di stadion ini. Tetapi, tetap saja tidak sama seperti di kandang Persebaya di Surabaya,” ucap pelatih asal Austria itu.

Memang, jumlah akan jauh lebih besar saat Persebaya bertanding di kandangnya, Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Namun, seharusnya dominasi Bonek atas Bobotoh bisa menjadi semangat tambahan untuk pemain Persebaya.

Latar belakang ini terjadi cukup sederhana, meski Persib berstatus tuan rumah dalam pertandingan tersebut. Jarak dari Surabaya tentu lebih dekat daripada Bandung jika ingin menuju Bali. Berbagai alternatif transportasi bisa mereka gunakan mulai dari udara, darat, hingga laut, dengan mudah.

Berdasarkan pantuan Bola.com di lapangan, Bonek menempati tiga tribune sekaligus, yaitu sayap selatan, sayap kanan, dan tribune selatan. Sementara itu, Bobotoh hanya berada di tribune timur dengan beberapa dari mereka membaur dengan Bonek di tribune lain.

Suara Bonek juga lebih kencang. Berbagai lagu dukungan untuk Persebaya terus berkumandang mengalahkan nyanyian Bobotoh. Tetapi, lambat laun suara mereka mulai hilang saat Persebaya kebobolan.

Empat gol Persib dicetak oleh tiga pemain yang berbeda. Mereka adalah Febri Hariyadi (31’, 84’), Achmad Jufriyanto (40’), dan Kevin van Kippersluis (60’). Di sisi lain, Persebaya membalas sebiji gol lewat titik penalti yang dieksekusi Diogo Campos (71’).

Febri mencetak gol penutup, dukungan Bonek beralih kepada Persib Bandung. Mereka tidak meluapkan kekesalahan kepada suporter lawan.

Seperti biasa, berbagai caci maki diarahkan kepada pemain Persebaya, yang telah berjuang selama pertandingan, setelah laga berakhir.