Menang Lawan China Jadi Modal Positif Timnas U-19 untuk Hadapi Korea Utara

Timnas Indonesia U-19 sukses menaklukkan China U-19 dengan skor 3-1 dalam laga uji coba di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Kamis (17/10/19). Hasil positif ini menjadi modal berharga bagi skuat Garuda Nusantara untuk melihat gambaran permainan Korea Utara di Kualifikasi Piala AFC U-19 2020.

Seperti diketahui, ajang uji coba melawan China merupakan agenda untuk mempersiapkan jelang Kualifikasi Piala Asia 2020 pada November 2019 mendatang. Uji coba melawan China dilakukan dua kali, yakni di Stadion GBT pada Kamis (17/10) dan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (20/10).

Timnas Indonesia U-19 sendiri tergabung di grup K Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 bersama Hongkong, Timor Leste dan Korea Utara. Salah satu tim terkuat grup K, Korea Utara, memiliki permainan yang setipe dengan China.

Hal itulah yang membuat pelatih Fakhri Husaini memilih China untuk beruji coba melawan Indonesia. Kemenangan melawan China di uji coba pertama pun, dapat dijadikan modal untuk hadapi Korea Utara nanti.

“Ya memang ini alasan kami memilih China sebagai lawan kami memang untuk melihat gambaran Korut,” ucap Fakhri Husaini.

Fakhri sendiri mengaku buta dengan kekuatan dari Korea Utara. Hal yang dapat dipelajari dari pemainan Korea Utara ialah dengan melihat tayangan video pada Piala Asia U-16 2018, dimana beberapa pemainnya telah naik level ke tim U-19.

“Memang kami belum punya gambaran tim Korut U-19 sekarang seperti apa tapi kami punya rekaman videonya di pertandingan U-16. Minimal itu bisa menjadi bahan kami,” ungkap pelatih asal Aceh itu.