Kalah Telak dari PSM, Skuat Arema Lesu Saat Meninggalkan Makassar

Arema FC baru saja mengalami kekalahan terburuk mereka di Shopee Liga 1 2019, di mana tim asuhan Milomir Seslija kalah telak 2-6 dari PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Mattoangin, Makassar, Rabu (16/10/2019) malam. Kekalahan tersebut membuat skuat Singo Edan lesu saat harus meninggalkan Makassar.

Rombongan Arema FC meninggalkan Makassar dan menuju Samarinda pada Kamis (17/10/2019), di mana dalam laga tandang selanjutnya Arema akan menghadapi Persipura Jayapura di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Minggu (20/10/2019). Dalam momen perjalanan tersebut, para pemain Arema tampak lesu dan lebih banyak diam.

Para pemain juga tampak tidak terlalu banyak beraktivitas di media sosial, di mana kritik dari Aremania pasti mengalir deras. Pelatih Arema, Milomir Seslija, menganggap ini sebagai hal yang wajar, tapi pelatih asal Bosnia itu tidak ingin pemainnya terlalu lama meratapi kekalahan.

“Dalam dua hari persiapan ke depan, kami fokus untuk membangkitkan mental pemain sambil melakukan recovery,” ujar Milomir Seslija.

Arema memang berharap bisa mendapatkan poin di Makassar. Hal tersebut bisa menjadi modal bagus menghadapi dua laga tandang selanjutnya. Namun, justru kekalahan telak yang didapatkan Singo Edan. Milo merasa perlu membuat para pemain lebih enjoy dan melupakan kekalahan itu.

“Evaluasi juga akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan. Sehingga Arema bisa bangkit ketika menghadapi Persipura,” lanjut sang pelatih.

Rencananya Arema akan mengingap di Samarinda karena jarak menuju Tenggarong tidak terlalu jauh. Evaluasi permainan akan dilakukan di sana. Milo tak ingin lagi melihat anak buahnya terlalu bermain individu dan mengesampingkan kekompakan tim. Hal itu justru jadi petaka seperti kalah telak di kandang PSM.

“Sebuah kesalahan besar jika pemain tampil individual. Kami bisa lebih cepat kehilangan bola sehingga sering kena serangan balik. Ini jadi tanda pemain kehilangan fokus. Mungkin jika saya ada di posisi mereka, bisa saja melakukan hal yang sama,” lanjut mantan pelatih Madura United ini.

Milo juga merindukan kembalinya para pemain Timnas Indonesia ke skuat Singo Edan, seperti Dendi Santoso, Hanif Sjahbandi, dan M Rafli. Rencananya mereka akan menyusul ke Samarinda. Sedangkan dua pemain belakang, Hamka Hamzah dan Agil Munawar masih dalam proses penyembuhan dan tetap absen melawan Persipura.

“Kami merasa kehilangan beberapa pemain penting seperti Hamka, Dendi dan yang lainnya. Tapi, akan ada pemain yang datang untuk lawan Persipura. Itu membuat tim lebih baik,” sambungnya.