Fakhri Husaini: Serdy Boky Butuh Adaptasi di Timnas Indonesia U-19

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini, mengakui penampilan Serdy Ephy Fano Boky pada laga uji coba kontra China U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Kamis (17/10/2019), belum sesuai ekspektasi.

Namun, Fakhri tak mau menyalahkan sang pemain, meski penampilannya masih di bawah standar. Waktu dua minggu yang dimiliki Serdy dianggap Fakhri sebagai penyebabnya.

Ia menilai, butuh waktu lebih lama bagi Serdy untuk beradaptasi dengan skema dan pola permainan Tim Garuda Muda. “Memang tidak mudah untuk beradaptasi dengan tim ini, dan cara main tim ini,” kata Fakhri.

Namun, dengan seiring bertambahnya jam terbang sang pemain, ia meyakini Serdy akan berkembang dan menjadi pemain yang lebih baik bersama Tim Garuda Muda.

“Untuk menyatu dengan Timnas Indonesia U-19, dia butuh kerja keras. Karena secara individu, dia punya kecepatan dan skill bagus,” kata pelatih berkepala plontos itu.

Minim Kontribusi

Pada pertandingan uji coba melawan Timnas China U-19, Serdy yang masuk menggantikan Sutan Zico pada menit ke-63 tak mampu berbuat banyak. Ia gagal memberikan kontribusi penting sejak masuk ke lapangan.

Jika pada laga uji coba kedua kontra China U-19 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, 20 Oktober mendatang, masih tak mampu menunjukkan penampilan terbaik, Serdy kemungkinan besar tak masuk dalam 23 pemain yang akan diboyong Fakhri pada kualifikasi Piala Asia U-19.

“Semua pemain memiliki konsekuensi yang sama. Tidak ada satu pun pemain yang luput dari evaluasi. Kami akan terus lakukan evaluasi sebelum keberangkatan ke Piala Asia U-19,” tutur Fakhri.