Dinilai Layak Gantikan Simon McMenemy, Seto Nurdiyantoro Justru Ajukan Pelatih Berpengalaman Ini

Dalam beberapa hari terakhir sudah mulai bermunculan siapa nama pelatih yang layak untuk menggantikan Simon McMenemy di timnas Indonesia. Kursi McMenemy sebagai pelatih timnas saat ini memang sedang panas, menyusul hasil buruk skuad Garuda pada empat laga grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dalam empat laga itu, Indonesia selalu menderita kekalahan dari Malaysia (3-2), Thailand (3-0), Uni Emirat Arab (5-0), dan terakhir Vietnam (3-1). Salah satu yang cukup banyak mendapatkan dukungan sebagai suksesor McMenemy adalah pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro.

Menanggapi hal tersebut, Seto pun mengucapkan terima kasih karena memang menjadi pelatih timnas Indonesia adalah impian tertinggi dalam karier kepelatihannya. Namun begitu, Seto tetap sadar diri.

Dia merasa masih perlu belajar lagi agar lebih siap dalam meracik timnas. Bahkan, dia menyodorkan satu nama pelatih lokal berpengalaman yang dinilainya lebih pantas sebagai juru taktik tim Merah Putih.

“Tapi untuk saat ini, kita harus dukung & mendoakan tim pelatih serta staff timnas, bagaimanapun mereka telah bekerja keras untuk timnas. Janganlah kita menjadi pecundang atau pengkhianat bangsa ini,” kata Seto, dalam akun instagram pribadinya, Kamis (17/10).

“Kalau boleh saya punya mimpi atau opini, semisal terjadi perubahan tim pelatih, angan-angan saya coach Rahmad Darmawan sebagai pelatih kepala, dan saya sebagai asistennya. Kapasitas beliau sebagai pemimpin sudah teruji. Anggaplah coach RD sebagai otak besarnya, sementara saya sebagai otak kecil kanan dan otak kecil kiri,” jelasnya.

RD memang pernah menjadi caretaker timnas Indonesia ketika berduet dengan Jacksen Ferreira Tiago. Selain itu, pelatih TIRA Persikabo tersebut sudah dua kali membawa timnas Indonesia U-23 meraih medali perak SEA Games pada 2011 dan 2013. Seto dan RD merupakan pelatih yang sama-sama baru menyelesaikan kursus lisensi AFC Pro. Sehingga sudah memiliki chemistry yang kuat.