Dihadapkan 3 Laga Tandang Beruntun Termasuk Lawan Persib, Begini Respons Pelatih Persija

Setelah bertanding dengan Semen Padang yang berujung kekalahan dengan skor 1-2 dalam laga tunda pekan ke-10 Liga 1 2019 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (16/10/2019), Persija Jakarta akan melakoni tiga laga tandang secara beruntun yang tidak mudah.

Rangkaian ‘tur’ Persija akan dimulai di Stadion Andi Mattalatta, Mattoangin, Makassar, Minggu (20/10/2019), menghadapi tuan rumah PSM. Empat hari kemudian, pada 24 Oktober, Persija akan meladeni PS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Tur tandang Persija kemudian akan ditutup dengan menghadapi rival abadi, Persib Bandung pada 28 Oktober. Untuk venue laga klasik tersebut, sejauh ini belum diputuskan oleh panitia pelaksana (panpel) pertandingan Persib.

Dihadapkan dengan tiga laga tersebut, pelatih Persija Edson Tavares mencoba tenang. Tavares tak menampik tiga pertandingan itu sangat menyulitkan Persija. PSM dan PSS adalah dua tim yang sangat konsisten saat bermain di kandang sendiri. Untuk Persib, meski penampilannya masih angin-anginan, namun karena ada gengsi yang dipertaruhkan dipastikan tim berjulukan Maung Bandung tersebut akan tampil dengan 200 persen kemampuannya.

“Setiap pertandingan itu berjalan berat untuk kami. Namun, kami harus menjalaninya. Yang terpenting, kami harus tetap berusaha memberikan yang terbaik di setiap pertandingan,” kata Tavares.

Sebagai pelatih baru, Tavares mengatakan dirinya harus mengurai satu per satu permasalahan yang tengah menghinggapi Persija. Sejauh ini, dari yang bisa dia simpulkan, Persija mempersiapkan tim untuk menghadapi kompetisi musim 2019 tidak maksimal.

“Musim lalu Persija juara, tapi mungkin mereka memulai musim ini dengan santai dan berpikir bisa menjadi juara lagi musim ini,” kata Tavares.

“Tapi, di sepak bola tidak seperti itu. Di sepak bola itu harus fokus di setiap laga dan harus bisa menjaga kondisi fisik, juga taktik. Saya tidak tahu apakah ada permasalahan di mental pemain, namun akan menjadi masalah kalau situasinya terus seperti ini. Kami, bersama pemain dan manajemen, harus bersama-sama mencari solusinya,” kata Tavares menambahkan.