Pemain Persib Putri Geluti Karier Sepak Bola Karena Terinspirasi Sinetron

Sinetron Ronaldowati yang sempat tenar pada awal 2000an ternyata memiliki efek besar dalam perjalanan karier pemain Persib Putri, Vivi Oktavia Risky atau Vio Risky. Vio mengaku terinspirasi untuk bermain sepak bola setelah menonton sinetron Ronaldowati.

Sinetron Ronaldowati yang diperankan oleh Nona Berlian bercerita tentang perjuangan seorang wanita yang ingin menjadi pemain sepak bola. Ronaldowati kala itu terinspirasi dari Ronaldo asal Brasil yang sempat menjadi fenomena pada Piala Dunia 2002 di Korea-Jepang.

Vio menjadi salah satu wanita yang ingin menggeluti dunia sepak bola putri. Vio juga sempat kesulitan untuk bisa bermain sepak bola karena masih belum banyak wanita yang bermain kala itu.

“Awalnya tertarik sepakbola sekitar umur 7 atau 8 tahun gara-gara keseringan nonton Ronaldowati. Saya sempat mikir, kenapa cewek kok bisa main bola kayak laki-laki. Dari situ saya coba main bola bareng laki-laki,” kata Vio dikutip dari situs resmi Persib.

“Pas saya main bola dengan laki-laki, dimarain lah sama orang tua. Bahkan saya sering bohong kalau mau main bola,” ujar Vio.

Perjuangan Vio kini tidak sia-sia dan pemain kelahiran Bangka-Belitung, 7 Oktober 1997 tersebut sudah menjadi salah satu penggawa Timnas Indonesia.