Main di Klub Inggris, Elkan Baggott Bercita-Cita Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Nama dari Elkan Baggott mungkin masih asing terdengar. Meskipun begitu, pemain dari klub Inggris, Ipswich Town U-18 tersebut memiliki mimpi untuk membawa timnas Indonesia melangkah ke pentas dunia.

Melihat prestasi timnas Indoesia belakangan ini, tentu banyak pihak yang meragukan masa depan dari skuat Garuda. Namun, nada optimisme keluar dari mulut pemuda yang saat ini menimba ilmu di Inggris.

Ia adalah Elkan Baggott, seorang bek dari klub kasta ketiga Liga Inggris, Ipswich Town U-18.

Elkan Baggott sendiri berasal dari kedua orang tua yang memiliki kewarganegaraan yang berbeda. Ayahnya merupakan pria asal Inggris, sementara Ibunya berasal dari Indonesia.

Meski begitu, Elkan lama tinggal di Indonesia menghabiskan masa mudanya. Hingga pada tahun 2011, ia pindah ke Inggris untuk lebih serius menimba ilmu sepak bolanya.

Setelah enam tahun melanglang buana di beberapa akademi Negeri Ratu Elizabeth, Elkan mendapatkan beasiswa dari Professional Development Phase Scholarship bergabung dengan Ipswich Town U-16 pada 2017.

Kiprah dari Elkan cukup menonjol di tim Ipswich Town U-16. Hinga dua tahun setelahnya, ia naik level untuk merumput bersama Ipswich Town U-18 hingga saat ini.

Meskipun berada di dataran Inggris, Elkan tak lupa dengan negara yang memperkenalkannya dengan dunia sepak bola, yakni Indonesia. Elkan mengungkapkan bahwa dirinya bercita-cita membela timnas Indonesia serta mengembalikkan kejayaan Garuda, bahkan pemain berpostur 194 cm itu berhasrat membawa Indonesia tampil di pentas Piala Dunia.

“Saya ingin bermain untuk Indonesia untuk membuat keluarga dan negara bangga, di sana adalah tempat saya belajar sepak bola. Oleh karena itu, saya ingin membalas budi ke timnas dan bermain untuk mereka,” ujar Elkan seperti dikutip dari Football-Tribe.

“Saya ingin membantu Indonesia naik peringkat FIFA, bermain di Piala Dunia, dan memenangkan trofi bersama Tim Garuda,” ucapnya.

Penampilan Elkam sendiri mendapatkan tanggapan positif dari tim Pelatih Ipwich. Tim pelatih dari Ipwich tak meragukan kemampuan yang dimiliki oleh Elkam dalam tim.

“Punya fisik yang bagus, tenang dalam menguasai bola tapi tidak takut untuk bertahan saat dibutuhkan. Kuat dan dinamis. Dia akan selalu berkembang sebagai bek,” kata tim pelatih Ipswich.

Diusia Elkam yang masih menginjak usia 15 tahun, diharapkan ia dapat menjadi tunas-tunas muda yang bakal memajukan sepakbola Tanah Air di masa yang akan datang.