Banding Ditolak, CEO Bandung Premier League Gagal Melenggang ke Kongres PSSI

Nasib berbeda dialami CEO Nine Sport Inc, Arif Putra Wicaksono dan CEO Bandung Premier League, Doni Setiabudi dalam gelanggang Kongres Pemilihan Ketua Umum PSSI periode 2019-2023.

Arif yang maju sebagai Calon Ketua Umum PSSI berhasil lolos sebagai daftar calon sementara atau DCS, sementara Doni yang menyalonkan diri sebagai Calon Wakil Ketua Umum gagal melenggang ke kongres pemilihan yang akan digelar awal bulan depan.

Arif yang sebelumnya tidak diloloskan oleh Komite Pemilihan (KP) PSSI kemudian mengajukan banding ke Komite Banding Pemilihan (KBP) bersama Doni.

KBP yang diketuai oleh Erwin Tobing kemudian mengeluarkan putusannya hari ini. Hasilnya, banding Arif diterima, sedangkan banding Doni ditolak.

“Setelah kami teliti, Doni tidak lolos karena dia tidak memenuhi syarat berkecimpung dalam koridor kegiatan di PSSI minimal lima tahun,” kata Erwin kepada awak media di Kantor PSSI, FX Sudirman, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Erwin menjelaskan bahwa keputusan dari KBP bersifat final dan mengikat. Artinya, peluang Doni untuk menjadi pengurus teras PSSI dalam empat tahun ke depan dipastikan pupus.

“Jadi, hasil dari ini tidak bisa dibanding lagi,” ujar Erwin.

Adapun, selain Arif, KBP juga menerima banding dari tiga kandidat lainnya. Antara lain Yesayas Oktavianus sebagai Caketum dan Cawaketum PSSI, Sarman El Hakim sebagai caketum, dan Bustami Zainudin sebagai calon anggota Komite Eksekutif atau Exco.