Timnas Indonesia Kalah dari Vietnam, Simon McMenemy Tak Punya Kerangka Baku

Timnas Indonesia harus kembali menanggung malu dalam laga keempat Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Kali ini anak asuh Simon McMenemy dipermalukan Vietnam dengan skor 1-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Selasa (15/10/2019).

Dari pengamatan Jaya Hartono, pelatih Simon McMenemy tak memiliki kerangka tim baku pada empat laga yang dilakoni Timnas Indonesia.

“Tampaknya Simon terus coba-coba dalam empat pertandingan yang sudah dijalani Timnas Indonesia. Seharusnya pada laga resmi seperti ini dia sudah punya kerangka tim utama dan bukan coba-coba lagi,” kata Jaya Hartono.

Mantan bek kiri Timnas Indonesia era 1990-an ini juga tak melihat hasil dari uji coba yang dilakukan selama ini.

“Saya tak tahu apa motivasi Simon dengan eksperimen ini, terutama di posisi penjaga gawang. Apakah karena tekanan netizen di media sosial, akhirnya Simon menuruti kemauan publik? Atau ada tekanan lain yang kita di luar ring Timnas Indonesia tak mengetahui itu,” tuturnya.

Sementara itu, Toni Ho menyebut daya juang Alberto Goncalves dkk. terus menurun hingga laga di Bali ini.

“Kita main di kandang sendiri. Tapi, tak tampak semangat para pemain untuk memenangkan pertandingan ini,” ujar Toni Ho.

Dari cara bermain, Toni Ho mengamati Vietnam lebih cerdas dan taktis

“Vietnam pintar. Mereka menyadari main di kandang lawan. Makanya, mereka lebih memperkuat pertahanan. Sehingga pemain Timnas Indonesia sulit masuk kotak penalti. Pemain Vietnam juga sudah membaca cara main Indonesia dengan baik,” jelasnya.