Persebaya Krisis Pemain Sayap Saat Menantang Persib

Persebaya dalam kondisi tidak menguntungkan jelang menghadapi Persib Bandung. Mereka tak bisa menurunkan dua pemain sayap andalan untuk melakoni laga pekan ke-23 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (18/10/2019).

Dua pemain itu adalah Osvaldo Haay dan Irfan Jaya. Osvaldo mengalami cedera, sedangkan Irfan mendapat larangan bertanding.

“Osvaldo sedang terapi di Jakarta. Kelihatannya cedera dia tidak ringan. Perlu waktu untuk penyembuhan. Irfan terkena hukuman akumulasi kartu, dia sudah menerima tiga kartu kuning. Jadi, mereka harus absen nanti,” kata Wolfgang Pikal, pelatih Persebaya.

Situasi itu membuat jajaran pelatih harus memutar otak untuk menemukan pengganti. Apalagi, Osvaldo dan Irfan merupakan pemain berkualitas dan menjadi andalan Persebaya. Keduanya kerap mendapat panggilan gabung Timnas Indonesia.

Mereka juga menjadi dua pemain paling produktif di skuat Persebaya saat ini. Osvaldo mencetak lima gol dan Irfan membukukan tujuh gol. Lebih dari itu, Persebaya sendiri mengandalkan kecepatan dan aliran bola dari pemain sayap.

Namun, Pikal mengaku sudah menemukan cara agar absennya dua pemain sayap andalannya secara bersamaan ini tidak membuat performa Persebaya menurun.

“Kami antisipasi dengan strategi khusus untuk pertandingan nanti. Saya sudah punya gambaran, tapi tidak perlu saya sebutkan,” imbuhnya.

Dalam situasi seperti ini, Pikal sebenarnya masih punya pekerjaan rumah memperbaiki penyelesaian akhir barisan depannya. Terakhir bertanding, Persebaya harus puas bermain tanpa gol alias 0-0 menghadapi Borneo FC (11/10/2019).

“Ada peningkatan. Tapi, kami perlu waktu. Secara prinsip, kami harus mengerti dan membuat keputusan tepat saat di lapangan. Kami mau meningkatkan kemampuan membaca situasi saat melepas tembakan,” ucap Pikal.