Osas Saha: Sepakbola Tidak Tergantung Talenta Lagi

Penyerang andalan TIRA Persikabo (TIRA Kabo), Osas Saha, berbicara mengenai persaingan di Liga 1 2019. Kepada Goal Indonesia, Osas berpendapat perburuan gelar juara liga sangat ketat karena tidak bisa diprediksi sejak awal musim.

TIRA Kabo saat ini bertengger di posisi ketiga dengan nilai 36 dari 22 laga, tertinggal 12 angka dari Bali United yang saat ini kukuh di puncak klasemen sementara.

Pemain naturalisasi asal Nigeria itu menilai ada beberapa faktor di sepakbola, yang bisa menunjang tim menjadi juara.

“Kalau bicara persaingan di Liga 1 dari awal tiap tahun itu beberapa tahun ke belakang, kompetisi sangat ketat. Tidak ada yang bisa bilang kalau ini yang nomor 1, nomor 2, justru yang orang kita harap, bisa jadi tidak,” kata Osas.

“Tapi sepakbola sekarang tidak tergantung talenta lagi, tergantung kepada kerja keras, siapa yang kerja keras, itu yang dapat. Jadi seperti TIRA Kabo, kami bisa sampai saat ini itu karena kerja keras dan semoga besok kami bisa lanjut jadi nomor satu,” sambungnya.

Pemain bernama lengkap Osas Marvelous Ikpefua ini mengaku belum merasa puas dengan performa yang ia tampilkan bersama Laskar Padjajaran. Meski telah menyumbang delapan gol dan tiga assist dari 17 kali main.

Di sisi lain, ia juga memuji sosok pelatih Rahmad Darmawan yang disebut memegang peran kunci keberhasilan TIRA Kabo menembus papan atas, setelah dua musim sebelumnya selalu terjerembab di papan bawah.

“Saya merasa belum merasa puas dengan performa saya sendiri di TIRA, karena belum juara. Jadi kami masih di dalam proses karena performa saya belum 100% oke,” ujar eks pemain Persija Jakarta itu.

“Saya masih berusaha belajar, tapi yang buat saya senang sampai saat ini salah satunya adalah pelatih. Karena pelatih ini orangnya seperti ayah dan sangat sabar. Jadi salah satu yang buat saya benar-benar oke itu coach Rahmad,” jelasnya.(gk-61)