Skuad Garuda Dituntut Ubah Penampilan

TIMNAS Indonesia dituntut mengubah penampilan saat menghadapi Vietnam dalam lanjutan penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Duani 2022 Zona Asia di Stadion I Wayan Dipta, Bali, Selasa (15/10). Jika tidak, Indonesia akan sulit meraih kemenangan.

Hal itu diungkapkan mantan pemain timnas dan Persib Bandung, Robby Darwis, kemarin. Menurutnya, Indonesia yang kini ditangani Simon McMenemy tidak bisa lagi tampil seperti ketika kalah melawan Malaysia, Thailand, serta Uni Emirat Arab.

“Kemarin itu defend tidak kelihatan, offense juga, kerja sama tim tidak terlihat, selalu salah pengertian di antara pemain. Kalau terus begini, sulit rasanya mengalahkan Vietnam yang terus berkembang,” kata Robby saat dihubungi.

Menurutnya, pola permainan yang coba diterapkan Simon McMenemy tampaknya tak bisa diterapkan Andik Vermannsyah dan kawan-kawan di lapangan. Komunikasi yang tidak terjalin antara pelatih dan pemain, imbuh Robby, membuat pemain tampak kebingungan dan mudah kehilangan bola.

Jika penampilan tersebut tidak berubah ketika melawan Vietnam, Robby mengatakan posisi McMe-nemy berada di ujung tanduk.

“Ada komunikasi yang tak jalan, tapi kenapa masih dipertahankan pelatih itu. Kita kan ada pelatih lokal yang menunjang prestasi karena pelatih lokal berpotensi dalam segi komunikasi,” katanya.

Menghadapi Vietnam, Indonesia butuh kemenangan. Walau peluang lolos ke babak selanjutnya praktis sudah tertutup, kemenangan atas Vietnam setidaknya bisa mengembalikan kepercayaan diri pemain setelah menelan kekalahan di tiga laga sebelumnya.

Sementara itu, timnas U-23 Indonesia takluk dari Yordania pada ajang Chongqing Three Gorges Bank Cup International Football Tournament 2019, kemarin. Pada laga di Wuhan Sport Center, ­Tiongkok, itu tim asuhan Indra Sjafri kalah tipis 0-1. Gol semata wayang Yordania dicetak Yazan Alnaimat pada menit ke-48.

Ini merupakan kekalahan beruntun Egy Maulana dkk di tunamen itu. Sebelumnya, ‘Garuda Muda’ juga kalah dari Tiongkok dengan skor 0-2. Timnas U-23 mengikuti turnamen sebagai bagian dari persiapan menuju SEA Games 2019 Filipina bulan depan. (Faj/R-1)