Simon McMenemy Ungkap Peran Penting Otavio Dutra di Timnas Indonesia

Otavio Dutra secara resmi menjalani latihan perdana bersama Timnas Indonesia setelah berstatus sebagai WNI. Pemain naturalisasi asal Brasil itu bergabung dengan Hansamu Yama dkk. dalam latihan di Lapangan Gelora Trisakti, Kuta, Bali, Minggu sore (13/10/2019).

Pemanggilan Dutra ini diharapkan menjadi jawaban atas keroposnya lini belakang Timnas Indonesia dalam tiga laga terakhir. Skuat Garuda tercatat telah kebobolan 11 gol selama tiga pertandingan di Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, menilai kehadiran Dutra sangat penting untuk timnya. Dia menyebut beberapa kelebihan stoper berusia 35 tahun itu dengan sedikit melontarkan pujian.

“Dutra adalah bek berpengalaman, dia menjadi nilai tambah di tim. Dia kuat dan berpostur tinggi, sesuatu yang yang tidak dimiliki pemain lawan. Dia penting untuk tim ini. Sekarang yang perlu kami khawatirkan adalah kondisinya,” kata Simon McMenemy selepas latihan kepada awak media.

Simon McMenemy memang tidak asing dengan sosok Dutra. Keduanya pernah bekerja sama di Bhayangkara FC dan meraih gelar juara Liga 1 2017. Alasan itulah yang membuat McMenemy kemudian merekomendasikan Dutra untuk dinaturalisasi.

Dutra disiapkan untuk laga Timnas Indonesia melawan Vietnam dalam laga keempat Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (15/10/2019). Namun, ada satu kendala yang dialami oleh pemain milik Persebaya tersebut.

Dutra terakhir bertanding bersama Persebaya dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 melawan Borneo FC di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (11/10/2019). Sedangkan rekan-rekannya di Timnas Indonesia bertanding satu hari lebih dulu melawan Uni Emirat Arab, Kamis (10/10/2019).

Artinya, Dutra punya kesempatan untuk mengembalikan kebugaran lebih singkat dari para pemain lain. Hal itu cukup menjadi perhatian Simon McMenemy jika masih ingin menurunkan Dutra saat melawan Vietnam.

“Kami harus menjaga kebugarannya setelah dia bertanding melawan Borneo FC kurang dari tiga hari lalu di pertandingan yang sengit. Jadi, kami akan mengavaluasi apakah Dutra cukup fit dalam pertandingan melawan Vietnam,” ucapnya.

Laga itu juga bakal menandai debut Dutra di ajang internasional. Dia sudah menunggu momen ini sejak mengajukan proses naturalisasi pada Februari silam dan baru saja resmi mengucap sumpah setia kepada NKRI.