Rekor Clean-sheet Vietnam Bakal Menjadi Tantangan Timnas Indonesia

Pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, menyoroti ketangguhan lini pertahanan timnas Vietnam jelang pertemuan kedua tim.

Timnas Indonesia diagendakan menjamu timnas Vietnam pada matchday keempat Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Selasa (15/10/2019).

Dari dua pertandingan, timnas Vietnam mampu menjaga gawang mereka dari kebobolan alias clean-sheet saat menghadapi timnas Thailand dan timnas Malaysia.

Mereka bermain imbang 0-0 melawan tuan rumah timnas Thailand, lalu menang 1-0 atas tamunya timnas Malaysia.

“Akan menjadi tantangan (buat timnas Indonesia) melawan Vietnam,” kata Simon McMenemy dikutip dari laman resmi PSSI.

“Apalagi dari dua pertandingan mereka belum kebobolan, itu akan jadi pertandingan yang sulit,” ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, timnas Indonesia sudah dua kali absen membobol gawang lawan, tepatnya saat kalah 0-3 dari timnas Thailand dan kalah 0-5 dari timnas Uni Emirat Arab (UEA).

Mereka cuma bisa mencetak dua gol saat kalah 2-3 dari timnas Malaysia pada laga kandang pertama.

Pelatih asal Skotlandia itu juga angkat bicara soal pemindahan venue laga ini dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) ke Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Menurutnya, Andik Vermansah Cs tak punya kendala soal lokasi pertandingan.

“Pemain selalu siap untuk bermain di mana saja, mereka selalu siap. Bukan mereka (pemain) yang ambil keputusan di mana mereka main,” tuturnya.

“Tetapi saya tidak khawatir terhadap mental. Tadi sudah mulai positif, yang jadi tantangan bukan mental tapi fisik,” ucapnya.