Dapatkan Lisensi Klub Profesional AFC, Persebaya Surabaya Belajar Dari Tahun Lalu

Persebaya Surabaya menjadi salah satu klub yang telah mengantongi lisensi klub profesional AFC. Selain Persebaya, terdapat lima klub Liga 1 2019 lainnya yang mendapatkan lisensi tersebut.

Aspek yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan lisensi klub profesional AFC masih serupa, yakni antara lain sporting, infrastruktur, personel dan administrasi, legal, serta finansial.

Musim lalu, Persebaya gagal untuk mendapatkan lisensi tersebut. Candra Wahyudi selaku direktur mengakui bahwa seluruh pihak dalam klub telah bekerja keras untuk mendapatkannya musim ini.

”Ini memang menjadi pencapaian yang luar biasa. Terima kasih kepada teman-teman yang bekerja keras sehingga kami akhirnya bisa meraih licensing ini,” tuturnya dikutip laman resmi Persebaya.

Lisensi ini sangat penting untuk klub Liga 1 bermain di kompetisi Asia. PSSI sendiri akan memberi kewajiban kepada klub Liga 2 untuk membuat lisensi tahun depan, namun dengan standar nasional.

”Kami belajar dari kegagalan tahun lalu. Kami juga berterima kasih pada teman-teman di Club Licensing PSSI, Mas Yulius Amos dan kawan-kawan. Sudi dan rela meluangkan waktu. Datang dan memberi pendampingan ke klub-klub. Kami sangat terbantu sekali,” tutup Ram Surahman, manajer club licensing Persebaya.