Persebaya Mulai Mempelajari Kekuatan Persib

Persebaya tak ingin menunggu lama untuk melakukan persiapan pertandingan kontra Persib Bandung. Kedua tim dijadwalkan berjumpa dalam laga pekan ke-23 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (18/10/2019).

Pelatih Persebaya, Wolfgang Pikal, mulai mempelajari kekuatan Persib yang sudah mengalami perubahan. Dia ingin tahu dulu bagaimana permainan calon lawannya sebelum mulai menata timnya jelang laga itu.

“Saya sebetulnya sudah mulai evaluasi untuk melawan Persib sejak seminggu lalu. Sekarang kami sudah berjalan dengan baik. Tapi, strategi atau formasi apa pun kami belum punya. Kami masih pertimbangkan dan diskusi dengan staf pelatih yang lain,” kata Pikal.

Persebaya memiliki modal positif dalam catatan pertemuan dengan Persib. Kali terakhir bertemu, Bajul Ijo berhasil pesta gol dengan kemenangan 4-0 atas Maung Bandung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (5/7/2019)

Tetapi, hasil itu terjadi saat Persib sedang dalam kondisi tidak konsisten. Tim besutan pelatih Robert Alberts itu perlahan mulai dalam performa positif memasuki putaran kedua. Meski, terakhir bertanding mereka takluk 1-2 dari Madura United (5/10/2019).

Di sisi lain, Persebaya sedang dalam periode buruk setelah melewati empat laga kandang terakhir tanpa kemenangan. Tetapi, Ruben Sanadi dkk. punya catatan gemilang saat menjalan laga tandang.

Pikal berharap ia bisa menurunkan kekuatan penuh di laga ini. Diogo Campos, yang sempat absen, diprediksi bisa tampil. Demikian halnya Hansamu Yama yang masih dalam agenda Timnas Indonesia juga kemungkinan bisa bermain.

“Kami akan lihat siapa yang akan diturunkan. Mudah-mudahan Diogo bisa main lagi. Itu masuk rencana kami. Pertandingan di sana akan jadi beda karena Persib jadi tuan rumah, bukan kami,” ucap pelatih asal Austria itu.