Pelatih Timnas Indonesia Menakar Kualitas Vietnam

Timnas Indonesia bakal melanjutkan kiprah di penyisihan Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dengan menjamu Vietnam. Pertandingan ini digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa malam (15/10/2019).

Pertemuan ini diprediksi berjalan timpang. Sebab, Timnas Indonesia dan Vietnam memiliki hasil yang bertolak belakang selama fase grup. Tim Garuda selalu kalah dalam tiga laga, sedangkan Vietnam belum kalah dalam dua pertandingan, masing-masing satu menang dan seri.

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, menyebut calon lawannya itu tidak boleh dipandang sebelah mata. Mengacu pada pot pembagian grup, Vietnam merupakan tim terbaik kedua setelah Uni Emirat Arab di Grup G.

“Vietnam tim yang berada di pot kedua di grup ini. Mereka punya langkah yang panjang beberapa tahun terakhir untuk sampai di posisi sekarang,” kata McMenemy.

Namun, Vietnam memiliki catatan buruk saat berjumpa dengan Indonesia dalam semua ajang. Kali terakhir mereka mampu mengalahkan Timnas Indonesia terjadi 23 tahun lalu atau pada 1996 dalam ajang Piala Tiger.

“Mereka tak punya rekor baik melawan Indonesia, mungkin hanya faktor keberuntungan, dan kami tidak hanya akan berharap pada keberuntungan,” imbuh pelatih asal Skotlandia tersebut.

Timnas Indonesia memiliki tantangan berat untuk memenangi laga kontra Vietnam ini. Namun, sang lawan pun mempunyai catatan yang cukup apik dalam dua laga mereka.

Vietnam tercatat belum pernah kebobolan dan hanya mencetak satu gol saja. Dalam dua laga itu, tim asuhan pelatih Park Hang-seo itu bermain imbang 0-0 kontra Thailand (5/9/2019) dan menang 1-0 atas Malaysia (10/10/2019).

“Mereka belum juga kebobolan dalam dua pertandingan. Punya pemain muda dan berani. Vietnam tim yang sulit dikalahkan dan tim top,” tutur Simon McMenemy.