Lolos Verifikasi Bakal Calon Exco PSSI, Mantan Wasit FIFA Punya Misi Mulia

Mantan komisi wasit asal Jawa Timur, Purwanto lolos dalam verifikasi bakal calon komite eksekutif (Exco) PSSI pusat. Usai dipastikan lolos, dirinya memastikan bakal melaksanakan komitmennya.

Kabar ini diutarakan Purwanto saat ditemui di Hotel Fierfield, Surabaya, Jawa Timur beberapa saat yang lalu. Adapun komitmennya jika terpilih menjadi Exco PSSI periode 2019-2023 yakni ingin memajukan sepak bola Indonesia.

Tentunya untuk memajukan sepak bola Indonesia itu harus sesuai dengan kemampuannya yakni soal perwasitan. Salah satunya menerapkan Video Assistant Refreree (VAR).

“Jelas saya ingin sepak bola Indonesia harus lebih bagus lagi, untuk penggunaan VAR juga harus ditunjang dengan personel yang terdidik dan mampu berkomunikasi dengan baik. Jika sudah benar ya saya setuju saja,” kata Purwanto pada Sabtu (12/10/19).

Ya, memang penggunaan VAR dalam pertandingan sepak bola khususnya di Indonesia memang sudah sangat dibutuhkan. Namun seperti yang dikatakan Purwanto tadi, untuk bisa menerapkan membutuhkan proses yang tidak instan.

Sekadar diketahui, teknologi VAR ini sudah dipergunakan dalam sepak bola internasional seperti di Piala Dunia Rusia 2018. Sedangkan dalam ranah negara di kawasan ASEAN, Liga Thailand dan Malaysia sudah menerapkan teknologi ini.

Di sisi lain, mantan wasit FIFA ini memiliki visi tersendiri kedepanya sepak bola Indonesia bisa diperbaiki. Purwanto juga tengah berusaha agar sepak bola Indonesia menggunakan VAR.