Alasan Simon McMenemy Rajin Ubah Komposisi Pemain Timnas Indonesia

Timnas Indonesia di bawah arahan pelatih Simon McMenemy kerap mengerahkan susunan sebelas awal yang berbeda pada tiga pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Rotasi tersebut kadang terkesan ekstrem, seperti ketika partai kontra Uni Emirat Arab (UEA), 10 Oktober lalu, McMenemy menurunkan pemain yang bukan starter saat lawan Malaysia dan Thailand.

“Sering terjadi rotasi tentu karena pemain lelah dari kompetisi, tiga hari sekali ada pertandingan dan hal itu membuat pemain lelah,” beber McMenemy, pada sesi jumpa pers di Gianyar, 14 Oktober.

“Ketika seorang pemain terus berlari, dan ada pemain yang bugar di bangku cadangan, maka kenapa pemain itu tidak kami maksimalkan?” sambung arsitek berpaspor Skotlandia tersebut.

Ia membeberkan, jadwal Liga 1 2019 yang padat sangat berpengaruh pada kondisi pemain saat jadwal internasional FIFA. Karena, pemain sendiri harus menjadi versi terbaik saat bersama timnas.

“Ketika pemain datang dari kompetisi dengan masalah fisik, tentu mereka berharap ketika datang ke tim nasional bisa mendapatkan waktu lebih untuk istirahat,” tutur dia.

“Tapi kenyataannya berbeda, karena di timnas standarnya menjadi lebih tinggi karena seperti contoh kami melawan Vietnam dengan tim yang kuat, tentu rotasi menjadi jalan untuk memaksimalkan seluruh potensi di dalam tim,” tutup dia.

Indonesia akan melakoni laga keempat kualifikasi pada Selasa (!5/10) besok, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, kontra Vietnam. Indonesia harus berjuang dengan melupakan hasil minor dari tiga laga kualifikasi sebelumnya.