Pemain Naturalisasi Masih Belum Berdampak Positif untuk Timnas Indonesia

Kehadiran pemain-pemain naturalisasi rupanya dinilai masih belum berdampak positif untuk timnas Indonesia. Faktor usia yang sudah menua menjadi kendala para pemain naturalisasi di timnas Indonesia.

Setidaknya ada enam pemain naturalisasi yang sempat dipanggil pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy. Mereka adalah Alberto Goncalves, Stefano Lilipaly, Greg Nwokolo, Victor Igbonefo, Otavio Dutra, dan Ilija Spasojevic.

Dari keenam nama itu, hanya tiga pemain yang membela timnas Indonesia di babak penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 yakni Alberto Goncalves, Stefano Lilipaly, dan Victor Igbonefo. Dua nama terdepan selalu menjadi andalan di skuat timnas Indonesia.

Menurut pandangan legenda hidup timnas Indonesia, Ricky Yacob, kehadiran para pemain naturalisasi masih belum berpengaruh. Diharapkan kehadiran pemain-pemain naturalisasi bisa memberikan andil besar untuk timnas Indonesia.

“Kalau kita lihat dalam beberapa tahun terakhir, pemain naturalisasi belum membantu prestasi timnas Indonesia,” kata Ricky Yacob.

“Itu harus di evaluasi untuk mencari solusi terbaik,” ucap pria berusia 56 tahun itu.

Ricky Yacob memang cukup menyesalkan pemain-pemain naturalisasi yang membela timnas sudah berusia cukup tua. Ada pemain naturalisasi di timnas Indonesia dimulai saat Piala AFF 2010, ketika itu Christian Gonzales menjadi andalan di lini depan tim Merah Putih.

Setiap tahunnya, para pemain berdarah Indonesia mulai banyak terlihat. Mereka mengucap janji untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) lewat proses naturalisasi.

“Satu hal, dengan bergabungnya pemain naturalisasi belum juga berhasil mempersembahkan gelar ke tim ini. Sekian lama kita sudah menunggu untuk mendapatkan prestasi,” kata Ricky Yacob.