Simon McMenemy Aman di Timnas Indonesia Hingga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Tuntas

Masa depan Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia sempat terancam menyusul kekalahan 2-3 dari Malaysia dan 0-3 dari Thailand dalam dua pertandingan awal Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Saat rapat anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada pertengahan September lalu, McMenemy dapat bernapas lega. Pasalnya, kemudi Timnas Indonesia tetap paten di tangannya.

Exco PSSI memutuskan untuk mempertahankan McMenemy hingga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia berakhir.

“Pertandingan di fase grup masih banyak,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria.

“Kami menunggu sampai laga terakhir penyisihan grup, sampai akhir. Setelah itu, kami akan evaluasi total,” tutur wanita asal Serang, Banten tersebut.

Putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia baru akan berakhir pada Juni 2020. Di Grup G, lima peserta bakal memainkan laga secara kendang dan tandang dengan jumlah delapan pertandingan.

“Soal evaluasi, pasti dilakukan. Timnas Indonesia itu kan dinilai berdasarkan performa, bukan perkembangan. Harus menang. Pelatih menyadari itu,” imbuh Tisha.

Menurut Tisha, Exco dan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, masih percaya McMenemy akan membawa Timnas Indonesia bangkit.

Tisha menuturkan pihaknya juga optimistis Timnas Indonesia dapat menembus Piala Asia 2023, yang pesertanya mengambil hasil dari Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

“Arahan Exco dan Plt Ketua Umum PSSI, terus dievaluasi hingga akhir kualifikasi. Saat berakhir, sudah solid evaluasinya. Kami harus percaya, apalagi, kualifikasi ini juga untuk Piala Asia 2023,” terang Tisha.

Tisha mengingatkan, McMenemy punya kontrak dua tahun menangani Timnas Indonesia hingga Piala AFF 2020.

“Ketika Exco memutuskan menggunakan jasa McMenemy, itu selama periode dua tahun untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dan Piala AFF 2020,” jelasnya.

Saat ini, Timnas Indonesia masih terbenam di dasar klasemen Grup G setelah tanpa poin dalam dua pertandingan pertama. Terdekat, tim berjulukan Skuat Garuda ini akan menantang Uni Emirat Arab (UEA) pada partai ketiga Grup G di Stadion Al Maktoum, Dubai, Kamis (10/10/2019) malam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.