Sekitar 30 Orang Sempat Mendaftar Menjadi Bakal Calon Ketua Umum PSSI

Kursi nomor satu di PSSI menjadi sasaran berbagai pihak. Sebelum mengerucut menjadi 11 nama, sekitar 30 orang sempat mendaftar untuk posisi Bakal Calon Ketua Umum (Ketum) PSSI periode 2019-2023.

“Yang mendaftar banyak. Cuma saya lupa tepatnya. Sekitar 30 orang ada,” ujar Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI, Syarif Bastaman.

KP telah menutup pendaftaran untuk Bakal Calon Ketum, Wakil Ketua Umum (Waketum), dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Kamis (3/10/2019). Menurut Syarif, masih banyak peminat yang menyerahkan dokumen melewati batas waktu tersebut.

“Ada juga yang lewat batas waktu. Kami di KP sempat melakukan pemungutan suara karena ada pihak yang ingin mendaftar setengah jam setelah pendaftaran ditutup,” imbuhnya.

“Antusiasme kuat. Kesan saya mengerjakan ini animo sangat kuat, semoga dibarengi kapasitas yang kuat, integritas yang kuat sehingga kami berharap PSSI ke depan bisa melahirkan kepengerusan dan prestasi yang baik. Karena sekali lagi, prestasi itu berbanding lurus dengan pengelolaan. Jadi kalau dilihat dari ranking FIFA, ranking tim nasionalnya berbanding lurus dengan prestasi federasinya,” tutur Syarif.

Syarif menambahkan, membludaknya peminat untuk menjadi petinggi PSSI di luar prediksi pihaknya. “Jumlahnya luar biasa. Animonya luar biasa,” tutur Syarif.

“Kalau dari sisi jumlah, di luar perkiraan. Kalau untuk kualitasnya, saya tak bisa berkomentar. Kalau dari nama-nama, top semua,” tuturnya.

Dari rekapitulasi KP, 11 orang mendaftar sebagai Bakal Calon Ketum, 21 orang sebagai Bakal Calon Waketum, dan 91 orang untuk pos Exco PSSI. Sejak 12 September-3 Oktober 2019, KP menerima 123 pendaftar.