TIRA Persikabo Juara Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2019

TIRA Persikabo (TIRA Kabo) U-16 berhasil menjadi juara Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2019. Itu setelah, mereka menaklukkan Bhayangkara FC dengan skor tipis 2-1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (6/10) petang.

Laga langsung berjalan ketat sejak menit awal. Jual-beli serangan terjadi di antara kedua tim. Namun TIRA Kabo berhasil mencetak gol lebih dulu pada menit ke-26, melalui tendangan penalti Nadhif Girasta Kosasih.

Unggul satu gol membuat para pemain TIRA Kabo tampil lebih bersemangat. Tapi para penggawa Bhayangkara juga tidak tinggal diam. Beberapa kali ancaman mereka berikan ke gawang TIRA Kabo, tapi hingga babak pertama berakhir, skor tetap 1-0.

Memasuki babak kedua, Bhayangkara mencoba tampil lebih agresif. Skuad yang dilatih Anang Ma’ruf itu akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1, melalui sundulan Rano Jutati.

Sayangnya, Bhayangkara harus bermain dengan sepuluh pemain, setelah Faqih Maulana mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-43 lantaran melanggar pemain TIRA Kabo di kotak penalti. Penalti pun kembali diberikan untuk TIRA Kabo, yang akhirnya berhasil dikonversikan oleh Resa Aditya Nugraha menjadi gol. Skor berubah 2-1.

TIRA Kabo tidak mengendurkan serangan mereka. Nadhif kembali mengancam dengan sundulannya, namun berhasil ditepis oleh kiper Bhayangkara.

Bhayangkara sebenarnya mendapatkan peluang emas untuk menyamakan kedudukan melalui titik penalti pada menit ke-53. Sayang, tendangan penalti tersebut berhasil ditepis kiper TIRA Kabo, Dimas Maulana.
Tekanan demi tekanan terus diberikan Bhayangkara di sisa waktu yang ada. Namun hingga pertandingan berakhir, tidak ada lagi gol yang tercipta.

Tak ayal, keberhasilan ini disambut gembira pelatih TIRA Kabo U-16, Deris Herdiansyah. “Alhamdulillah kami memang persiapannya panjang, karena pas musim lalu sebagian anak-anak di skuad ini sudah kami mainkan. Dari musim lalu kami belajar, dan proses tidak mengkhianati hasil, yang akhirnya alhamdulillah kami juara,” ucap Deris, selepas laga.

Sementara itu, pelatih Bhayangkara U-16, Anang Ma’ruf, tetap mengapresiasi kinerja skuad asuhannya pada laga ini.

“Inilah klimaksnya, saya apresiasi kepada pemain meski kekurangan jumlah pemain tetap memiliki semangat tinggi. Ini sudah maksimal dan memang kami kurang beruntung saja,” kata Anang.

Di pertandingan lain, Persebaya Surabaya berhasil meraih peringkat ketiga, setelah berhasil menaklukkan Persija Jakarta dengan skor tipis 1-0.