Indonesia Punya Dua Wakil di Danone Nations Cup 2019

Indonesia akan diwakili oleh dua tim U-12 di ajang putaran final Danone Nations Cup 2019 yang akan digelar di Barcelona pada 12 Oktober mendatang.

Dua sekolah sepakbola yaitu FOSSBI Rajawali Muda (Juara Nasional AQUADNC 2019) dan ASIOP APACINTI (Juara Nasional AQUADNC 2018) akan menjadi wakil Indonesia di ajang final dunia, dimana semua partai akan dimainkan di stadion milik klub Espanyol, RCDE Stadium.

Untuk mendampingi kedua tim itu, Danone-AQUA menunjuk sosok pelatih asal Argentina, yaitu Alfredo Vera. Yang merupakan mantan pelatih Sriwijaya FC, Persebaya Surabaya, Persipura Jayapura dan Bhayangkara FC.

“Saat ini fokus kami adalah memperkenalkan strategi yang efektif pada anak-anak dan mempertahankan semangat tanding mereka,” ujar Vera.

“Mereka adalah tim yang terlatih dan berada di antara yang terbaik. Namun, menghadapi Final Dunia akan membuat siapapun gugup. Oleh karena itu, kami mengumpulkan dukungan dari orang tua dan masyarakat sehingga anak-anak dapat bermain dengan semangat yang tinggi.”

Hasil pengundian resmi untuk tim Indonesia di Final Dunia DNC adalah sebagai berikut:

Group C
(Tim Sepak Bola Laki-Laki 2018)
Indonesia (ASIOP)
Bulgaria
Portugal
Afrika Selatan
Brasil

Group D
(Tim Sepak Bola Laki-Laki 2019)
Indonesia (FOSSBI)
Jerman
Tunisia
Portugal
Hungaria

Training camp untuk kedua tim telah berlangsung sejak 24 September dan dijadwalkan akan terus berlanjut hingga 5 Oktober di Sentul. Selama pelatihan juga akan ada pertandingan persahabatan dengan tim dari SSB lainnya, termasuk Indonesia Junior Soccer League (IJSL) Cipta Cendekia. Pertandingan persahabatan yang pertama telah berlangsung hari Jumat lalu (27/9) melawan SSB Citeureup Raya. Kedua tim berhasil memimpin pertandingan. ASIOP APACINTI menang dengan skor 2-0 dan FOSSBI Rajawali Muda dengan skor 3-0.

“Kami ingin memastikan kedua tim siap memberikan yang terbaik di Barcelona,” ujar Danone-AQUA Marketing Manager Jeffri Ricardo.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh orang tua dan masyarakat selama masa persiapan ini. Kami berharap pelajaran yang didapatkan anak-anak, mulai dari taktik sepak bola hingga kebutuhan gizi dan hidrasi sehat, dapat membantu mereka menghadapi Final Dunia DNC dan membangun karier mereka ke depannya. Kami juga berharap tantangan besar ini dapat membentuk karakter yang kuat bagi anak-anak, yaitu karakter yang berpegang teguh pada nilai-nilai penting seperti fairplay, kebersamaan, dan saling menghargai.”

Kedua tim akan berangkat menuju Barcelona pada tanggal 7 Oktober dari Indonesia dan akan menghadiri beberapa kegiatan penting pada tanggal 9 Oktober sebelum menghadapi babak kualifikasi yang berlangsung pada tanggal 10-11 Oktober.

Melalui AQUADNC, Danone-AQUA mendorong keluarga Indonesia agar lebih sehat lewat olahraga, hidrasi sehat, dan peningkatan pemahaman soal pentingnya lingkungan yang sehat. Komitmen untuk Indonesia yang lebih sehat ini sejalan dengan visi Danone yaitu One Planet One Health, di mana kami percaya kesehatan ditentukan oleh gaya hidup dan lingkungan yang juga sehat.