Fakta Liga 1 2019: Bali United Bukan Klub Tersubur

Bali United perkasa hingga pekan ke-22 Shopee Liga 1 2019. Mereka tak terkalahkan dalam 12 laga secara beruntun dan kukuh di puncak klasemen.

Namun, Bali United bukan tim tersubur. Tim berjulukan Serdadu Tridatu ini hanya menempati posisi kelima klub terproduktif hingga pekan ke-22.

Dari 20 pertandingan, Bali United mengumpulkan 31 gol dan kebobolan 13 kali. Kontestan tersubur Liga 1 2019 per pekan ke-22 dipegang oleh Tira Persikabo.

Tira Persikabo telah 42 kali mengekor gawang lawan. Namun, Osas Saha dan kawan-kawan unggul dua pertandingan lebih banyak dibanding Bali United.

Urutan kedua tim paling banyak mencetak gol ditempati oleh Arema FC. Tim beralias Singo Edan itu mencatatkan 41 gol dari 20 penampilan.

Tim terproduktif nomor tiga dan seterusnya terdiri dari Madura United yang mengemas 38 gol dan Persebaya Surabaya yang membukukan 32 gol.

Bali United yang berada di peringkat kelima klub tersubur, berbagi tempat dengan Persipura Jayapura dan Borneo FC. Ketiga tim ini sama-sama menghasilkan 31 gol.

Sebagai tim terproduktif, sumber gol utama Tira Persikabo berasal dari lini serang. Trio Ciro Alves, Osas Saha, dan Loris Arnaud bersumbangsih terhadap 27 dari 42 gol.

Sementara bagi Arema FC, Makan Konate yang notabene sebagai seorang gelandang menjadi top scorer sementara tim. Pemain asal Mali tersebut menyumbangkan 11 dari 41 gol Singo Edan.

Adapun persebaran gol Bali United merata. Pencetak gol terbanyak bagi Serdadu Tridatu untuk saat ini masih tercatat atas nama Ilija Spasojevic dengan sepuluh gol, disusul Melvin Platje dengan tujuh gol, dan Stefano Lilipaly serta Willian Pacheco yang masing-masing mengoleksi tiga gol.