Kapten Arema Tumbang Saat Liburan

Rutinitas latihan Arema dihentikan sementara. Baru awal pekan depan, tepatnya pada Senin (7/10/2019), pemain menjalani persiapan untuk lanjutan Shopee Liga 1.

Selama libur latihan, bek sayap Agil Munawar bukan jadi satu-satunya pemain Arema yang berkutat dengan cedera. Kapten tim Arema, Hamka Hamzah, juga harus melewatkan liburannya di klinik yang jadi langganan pesepak bola untuk memulihkan cedera, yakni di Klinik Esa Unggul, di Jakarta.

“Sudah enam tahun saya tidak ke sini. Sekarang waktunya masuk bengkel lagi,” kata Hamka.

Sebenarnya sudah beberapa pekan terakhir bek 35 tahun itu bermain dalam kondisi kurang fit. Tetapi, saat melawan PSM Makassar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang (2/10/2019), dia sudah tak sanggup lagi menahan cedera di paha kanan.

Saat pertandingan kurang 10 menit, mantan pemain Sriwijaya FC ini menepi dan meminta pembalut kepada dokter tim Arema untuk menahan rasa sakit di bagian paha kanan.

Ketika masuk ke lapangan, dia sudah tidak kembali jadi stopper. Hanya berjalan di seputar tengah lapangan. Sebab, jatah pergantian pemain Arema juga sudah habis. Jadi, Hamka menuntaskan permainan hanya jadi pelengkap sekaligus memberikan komando sebagai kapten di lapangan.

Jika dia keluar, Arema hanya bermain dengan 10 pemain, dan itu masih riskan lantaran PSM yang juga bermain dengan 10 pemain, bisa bangkit untuk mencuri poin di Malang.

Kondisi Hamka akan dilihat ketika dia kembali ke Malang pada pekan depan. Pelatih Arema, Milomir Seslija, berharap palang pintu andalannya itu bisa cepat pulih. Meski, pertandingan selanjutnya, melawan PSM, baru dimainkan Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar (16/10/2019).

“Hamka tetap luar biasa di lapangan. Dia memang tidak dalam kondisi fit, tapi masih ikut berjuang hingga pertandingan berakhir. Saya harap dia segera kembali,” kata Milo.

Kasus pemain menahan cedera di lapangan sepertinya jadi persoalan tersendiri di Arema. Selain Hamka, banyak pemain yang mengalami kasus sama, seperti Arthur Cunha, Dedik Setiawan, Ahmad Alfarizi, dan yang lainnya.

Akibatnya, pemulihan cedera mereka harus memakan waktu lebih lama. Baru Dedik Setiawan yang kini sudah kembali bermain setelah dua bulan menepi.