Pernah Bersama Arema, Hasyim Kipuw Beri Saran untuk Alfin Tuasalamony

Bek Arema FC, Alfin Tuasalamony, kini tengah berusaha bangkit dari keterpurukan. Beberapa waktu lalu sempat tampil di bawah performa lantaran kondisinya kurang fit yang berimbas Alfin menerima banyak kritik. Mantan bek Arema yang kini memperkuat PSM Makassar, Hasyim Kipuw angkat bicara dan memberikan saran untuk Alfin Tuasalamony.

Dalam pertandingan terakhir Arema FC melawan PSS Sleman, Alfin mulai bangkit dengan memberikan satu assist untuk gol terakhir Arema yang dicetak Rifaldi Bawuoh.

Terkait tekanan supporter yang sempat diterima Alfin, pemain dari Ambon yang kini bermain di PSM Makassar, Hasyim Kipuw memberikan masukan untuk rekannya itu, karena Hasyim Kipuw juga pernah jadi pemain Arema dalam dua periode.

“Saya tidak tahu kalau ada kritik untuk Alfin beberapa waktu lalu. Tapi ya begitulah bermain di Arema kalau kita di bawah performa. Semua itu harus dijawab dengan permainan yang lebih bagus di pertandingan berikutnya,” kata pemain 31 tahun tersebut.

Kipuw yakin jika Alfin punya mental bagus. Dia memprediksi jika rekannya itu bisa segera menemukan performa terbaiknya lagi.

“Alfin ini bukan pemain yang baru main bola kemarin sore . Dia sudah punya banyak pengalaman menghadapi supporter fanatik di klub yang dia bela. Kuncinya, enjoy saja. Dan ketika berada di lapangan, harus bermain bagus untuk diri sendiri, suporter dan keluarga pastinya,” jelas Kipuw yang pernah membela Arema FC.

Selama ini, Kipuw sangat dekat dengan Alfin secara personal. Mereka pernah main bersama di Persebaya Surabaya pada musim 2014 silam.

“Rumah kami di Tulehu juga dekat. Jadi saya memang dekat dengan dia dan sering berkomunikasi,” imbuh alumni Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2011 itu.

Ditanya tentang pengalamannya di Arema FC, Kipuw pernah mendapatkan dukungan dan tekanan dari Aremania. Tapi waktu itu Singo Edan selalu tampil bagus dan banyak meraih gelar turnamen. Sehingga tekanan yang diberikan suporter tidak terlalu besar.