Timnas Indonesia U-19 Masih Buta Kekuatan Korea Utara

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini mengaku buta dengan kekuatan Korea Utara yang akan dihadapi di Grup K kualifikasi Piala Asia U-19 2020, November mendatang.

Timnas Indonesia U-19 berada di Grup K bersama dengan Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste. Fakhri sudah memiliki gambaran kekuatan beberapa tim, tapi ada juga yang masih meraba alias buta dengan kekuatan lawan.

“Kalau Hong Kong, kami belum pernah berhadapan dengan mereka, tapi dengan Chinese Taipei kami pernah berhadapan waktu masih di timnas U-16,” kata Fakhri Husaini, di Bogor, Jumat (28/9/2019).

“Timor Leste baru saja ketemu kemarin (Piala AFF), artinya yang betul-betul kita buta kekuatannya, ya Korea Utara,” jelas Fakhri menambahkan.

Namun, Timnas Indonesia U-19 diyakini bakal mendapat gambaran setelah beruji coba dua kali dengan Tiongkok, 15 dan 17 Oktober 2019. Seperti diketahui, Tiongkok merupakan tim ras kuning yang memiliki ciri khas tak jauh berbeda dengan Korea Utara.

“Ya saya justru berharap itu (melawan Tiongkok), saya mengucapkan terima kasih PSSI bisa menghadirkan Tiongkok sebagai lawan uji coba kami,” kata Fakhri Husaini.

“Kami butuh uji coba dengan tim yang mampu mewakili calon lawan kami salah satunya kekuatan dari Korea Utara,” tuturnya.

Skuat Garuda Muda akan memulai kualifikasi pada 6 November melawan Timor Lester. Lalu setalah itu, Bagas Kaffa dan kolega akan melawan Hong Kong pada 8 November dan diakhiri melawan Korea Utara pada 10 November.