Komentar Pelatih Timnas Indonesia Tentang Peluang Wawan Hendrawan dan Pengganti Novri Setiawan

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, membiarkan ketiga kipernya untuk bersaing pada posisi utama penjaga gawang untuk matchday ketiga dan keempat putaran kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Untuk melawan Uni Emirat Arab (UEA) pada 10 Oktober 2019 dan Vietnam lima hari kemudian, McMenemy memanggil tiga kiper. Ketiganya adalah Andritany Ardhiyasa, Wawan Hendrawan, dan Muhammad Ridho Djazulie.

Bagi Wawan, panggilan ini merupakan yang pertama untuknya membela Timnas Indonesia. McMenemy membuka peluang memberikannya debut bahkan menjadikannya sebagai kiper utama.

Ketika kalah 2-3 dari Malaysia dan 0-3 dari Thailand pada matchday pertama serta kedua Grup G, kiper permanen Timnas Indonesia ialah Andritany. Penjaga gawang berusia 27 tahun itu juga didapuk sebagai kapten.

“Soal Wawan, kualitasnya sama seperti Andritany dan Ridho. Mereka bagus. Untuk peluangnya sebagai kiper utama, sama seperti Andritany dan Ridho. Semua punya peluang yang sama,” imbuh McMenemy.

Timnas Indonesia telah memulai pemusatan latihan (training centre) pada Rabu (2/10/2019) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, untuk menghadapi UEA dan Vietnam. Dari 25 pemain yang dipanggil, empat di antaranya belum terlihat batang hidungnya.

Keempat pemain itu ialah Yanto Basna, Manahati Lestusen, Novri Setiawan, dan Alberto Goncalves. Khusus Novri, pemain Persija Jakarta itu dikabarkan menderita cedera.

“Untuk Novri, nanti kami bicarakan dengan Persija. Lihat nanti hasilnya seperti apa,” tutur McMenemy.