Timnas Futsal Putri Berencana Kembali Dibentuk, Cari Pemain dari WPFL 2020

Women Pro Futsal League 2020 tetap akan bergulir ditengah munculnya kekhawatiran eksodus para pemain yang bermain di Liga 1 Sepakbola Putri pada Oktober-Desember mendatang.

Dalam paparannya pada rapat kordinasi Pro Futsal League 22 September lalu, Federasi Futsal Indonesia yang diwakili sekjen Edhi Prasetyo menyebut WPFL 2020 akan tetap bergulir siapapun tim dan pemainnya.

Bergulirnya WPFL 2020 ini juga menjadi cara dari FFI untuk membentuk timnas futsal putri Indonesia yang akan menghadapi ajang AFC Women’s Futsal Championship 2020.

AFC Women’s Futsal Championship 2020 sendiri dijadwalkan bergulir pada Juli mendatang. Itu berarti Indonesia hanya mempunyai waktu beberapa bulan saja untuk mempersiapkan tim.

FFI mewajibkan pemain yang memperkuat timnas futsal putri nantinya wajib berasal dari kompetisi futsal resmi yaitu WPFL 2020, siapapun nantinya pemain yang berlaga.

Selain itu, WPFL 2020 juga akan mencari tim juara untuk mewakili Indonesia jika ada kompetisi futsal antar klub Asean atau AFF Futsal Club pada 2020 mendatang.

Sama seperti dua gelaran sebelumnya, WPFL 2020 akan diikuti oleh delapan tim peserta di mana dua klub merupakan promosi dari Liga Futsal Nusantara 2019 lalu.

Laga akan digelar tiap minggunya berbarengan dengan gelaran putra. Seperti biasanya, format kompetisi penuh akan dipertandingkan di mana tim klasemen teratas menjadi juaranya.